Kepala bagian Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Lanny Jaya, Vincen Yegibalom SE, M.KP bersama tim saat melakukan survei pembangunan PLTMH ( Pembangkit listrik tenaga Mini Hidro)   di Kampung Golikme Distrik Yiginua Kabupaten Lanny Jaya. ( FOTO: ESDM for Cepos)

JAYAPURA – Kepala bagian Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Lanny Jaya, Vincen Yegibalom SE, M.KP  melakukan survei awal persiapan pembangunan pembangkit listrik tenaga minihidro, (PITMH) di Kampung Golikme Distrik Yiginua. 

  “Hasil pengamatan sementara dari debit air tidak di ragukan karena sungai malagai sangat deras, tidak pernah surut dan tetap stabil,” katanya melalui telepon selulernya.

  Kata dia rencana pembangunan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat di wilayah setempat sehingga proses ini akan berjalan baik. “Kepala kampung dan beberapa tokoh intelektual Distrik Yiginua sangat sepakat dan siap mendukung kebijakan bupat dalam hal ini pembangunan PLTMH yang berkapasitas  1 Megawaat,” katanya.

   Kata Vincen  hampir sebagian Kabupaten Lanny jaya nanti dialiri listrik dan tentu juga ini merupakan kerinduan semua masyarakat Lanny jaya. “Sejak pemekaran, sampai  saat ini Pemda hanya memiliki satu mesin PLTD, jam nyala  belum optimal karena mesin sudah tidak mampu mengangkat semua beban gardu. Kami dari Pemda, bagian ESDM akan menunggu tim Survei untuk segera menyusun DED (Detail Engineering Design) dan juga Fs (Feasibility Study) seperti studi kelayakan agar kedepan tidak dua kali mengukur, dan kalau hasil sdh kita mendesak dua Minggu sdh bisa jjadi agar kita kejar dana DAK di Kementrian ESDM,” kata Vincen yang mengharapkan proyek ini tahun depan sudah jalan. (oel/tri)