Edi Susanto ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Ketua Bidang Ekonomi Kabupaten Jayapura yang juga menjabat sebagai Asisten 2 Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Edi Susanto mengatakan, berdasarkan laporan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura,  ketersediaan bahan makanan di Kabupaten Jayapura masih tercukupi untuk jangka waktu dua bulan ke depan.

“Untuk stok pangan selama masa pandemi Covid-19 ini, sesuai dengan laporan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura cukup tersedia,” kata Edy Susanto saat ditemui wartawan di Kantor DPRD kabupaten Jayapura, Rabu (10/6).

Selain itu untuk kebutuhan beras, sesuai dengan informasi   yang diterima dari asosiasi pedagang sembako Kabupaten Jayapura, juga masih bisa mencukupi untuk kebutuhan dua bulan ke depan.

 Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak panik karena saat ini Pemerintah provinsi Papua sudah membuka kembali akses ke Papua melalui jalur laut dan udara sejak tanggal 8 Juni lalu. Sehingga sudah pasti distribusi bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat sudah kembali lancar dan terpenuhi.

“Akses ke Papua  baik laut dan transportasi udara juga sudah dibuka kembali. Saya pikir semua itu nanti bisa diatasi,” katanya.

 Di satu sisi kata dia, di Kabupaten Jayapura  untuk distributor sendiri memang belum memiliki gudang penyimpanan bahan makanan khusus di wilayah Sentani. 

“Karena kita masih mengharapkan stok gudang yang ada di wilayah kota dan sekitarnya.  Salah satu distributor terbesar juga sudah membuat gudang kebutuhan di Kehiran, nanti kita bisa memantau yang sebenarnya ketersediaan bahan pangan di Sentani dan sekitarnya,” tambahnya. (roy/ary)