Kornelis Yanuaring ( FOTO : Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring berharap kepada pemerintah daerah di 5 kabupaten dan kota agar tetap memprioritaskan pemekaran Grime Nawa.

“Masyarakat Grime Nawa mendesak kepada saya selaku wakil rakyat dari Grime Nawa agar selain mendorog pemekaran Provinsi Tabi, juga  harus memperjuangkan pemekaran Grime Nawa yang sudah diperjuangkan puluhan tahun dan sampai saat ini nasibnya belum jelas,”kata Kornelis Yanuaring kepada Cenderawasih Pos, Selasa (17/9), kemarin.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Forum Kepala Daerah Tanah Tabi supaya tidak meninggalkan perjuangan pemekaran Grime Nawa. 

Dia mengatakan, dari sisi kesiapan dokumen, Grime Nawa sangat siap dan itu sudah disiapkan sejak lama.

“Moratorium dibuka maka Grime Nawa harus didorong,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si  yang juga selaku Ketua Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi mengatakan,  pemerintah daerah tetap memperjuangkan pemekaran kabupaten di beberapa wilayah yang ada di Tanah Tabi.

“Grime Nawa ada di dalam Papua Tabi, jadi bukan saja Grime Nawa, tetapi ada beberapa kabupaten di wilayah Tabi yang datanya sudah siap dan kemarin kami sudah perintahkan kepada masing-masing kepala daerah untuk melengkapi data-data yang masih kurang,”ungkap  Mathius Awoitauw kepada Cenderawaasih Pos di Sentani.

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu mengakui, rencana pemekaran daerah otonomi baru untuk Grime Nawa sudah dilakukan sudah lama. “Papua Tabi, tapi di dalamnya ada Grime Nawa, kalau bisa satu paket,”pungkasnya. (roy/tho)