Pelaksanaan Rapid Tes di Jalan Sulawesi Wamena terhadap para pedagang pinang beberapa waktu lalu ( FOTO: Denny/ cepos)

WAMENA-Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, mengaku sedang mempersiapkan peralatan dan tim mobile  yang akan turun di setiap perwilayah yang akan dilakukan rapid test. Bupati  sendiri juga belum bisa menentukan wilayah mana lebih dulu yang akan dilakukan rapid. Namun kemungkinan wialyah kota wamena yang padat penduduk dan wilayah yang ramai akan jadi target awal tim mobile ini. 

   “Kita masih siapkan peralatannya dan membentuk tim mobile terlebih dahulu barulah bisa turun ke wilayah -wilayah untuk melakukan rapid test warga disana, sehingga semua warga bisa ikut dan tak ada yang terlewatkan dalam screening awal,” ungkapnya Rabu (24/6) kemarin.

    Untuk waktu pelaksanaan dalam waktu dekat ini akan dibahas dalam rapat koordinasi dengan forkopimda khususnya TNI/Polri yang akan mengawal pelaksanaan rapid tes perwilayah di Wamena dan sekitarnya. Untuk perlengkapan rapid tes, Kata Bupati Jayawijaya, tim gugus tugas Covid -19 Jayawijaya   mendapat bantuan peralatan Rapid Tes dari Pemprov Papua dan juga ada pengadaan sendiri yang dibiayai oleh daerah sehingga pihaknya masih tunggu pesanan datang ke Jayawijaya barulah bisa mulai dicari waktu pelakanaannya.

  “Kalau ada warga yang hasil rapidnya reaktif , kita karantina dan lakukan pemeriksaan Swab tes karena saat ini kami telah memiliki PCR sendiri sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengetahui apakah yang reaktif itu positif atau tidak,”bebernya. (jo/tri)