BB Pembuatan Miras Lokal yang digerebek Polisi di Kampung Iwaka Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika yang menjadi bekas pabrik PT. Merdeka, Senin (3/2). ( foto: Humas Polda for Cepos)

JAYAPURA- Kepolisian Sektor Kuala Kencana meggerebek tempat pembuatan minuman lokal jenis sopi di Kampung Iwaka Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika yang menjadi bekas pabrik PT. Merdeka, Senin (3/2). Penggerebekan yang dipimpin langsung Kapolsek Kuala Kencana Iptu Y Harikatang bersama 4 personel piket jaga Polsek Kuala Kencana.

  Kapolsek Iptu Y Harikatang menerangkan, penggerebekan terhadap tempat pembuatan Miras tersebut berawal dari Patroli rutin di sekitar Kampung Limau Asri SP  5, kemudian bertemu dengan warga yang melapor bahwa di Kampung Iwaka bekas Pabrik PT. Merdeka ada rumah yang digunakan sebagai tempat pembuatan minuman lokal jenis Sopi.

   “Dari laporan warga tersebut, kami langsung menuju ke TKP dan melakukan penggerebekan. Dari hasil penggerebekan kami menemukan alat dan bahan baku untuk pembuatan minuman lokal jenis sopi akan tetapi tidak ditemukan pemilik rumah tersebut, diketahui pemilik rumah berinisial M,” terang Kapolsek.

   Usai penggerebekan tersebut, anggota memusnahkan air campuran permentasi yang ada di 3 drum dan mengamankan alat serta bahan baku pembuatan minuman lokal jenis sopi ke Mapolsek Kuala Kencana.

   Ia menjelaskan, penggerebekan tersebut bertujuan untuk meminimalisir tindak kejahatan. Sebagaimana diketahui bahwa Miras merupakan salah satu akar dari suatu tindak kejahatan dan kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Mimika.

  Kapolsek menghimbau kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Mimika untuk tidak memproduksi minuman keras karena hal tersebut bertentangan dengan Peraturan Daerah yang melarang peredaran Minuman Keras jenis apapun.

   “Mari kita mengajak serta keluarga maupun kerabat untuk tidak mengkonsumsi miras karena akan merugikan diri kita sendiri maupun orang lain.” pungkasnya. (fia/tri)