Tampak sejumlah rumah bantuan bagi warga Kampung Kemiri, korban banjir bandang  yang saat sedang dibangun di Belakang Gunung Merah. Pemkab targetkan pembangunan 300 unit tersebut, selesai tahun ini. ( foto: Robert Cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menargetkan pembangunan 300 unit rumah bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi bagi korban banjir bandang di belakang Gunung Merah, selesai tahun ini.  Bantuan rumah tersebut diperuntukkan bagi warga Kampung Kemiri.

“Sekarang sedang dikerjakan, target kita bisa selesai tahun ini,” kata Mathius Awoitauw di Sentani, Selasa (7/7).

Dia mengatakan, saat ini proses pembangunanya terus dikebut, sebanyak 175 unit rumah sudah selesai dikerjakan dari total 300 unit rumah. Selain itu, Pemkab Jayapura juga bekerja sama dengan pihak PLN Jayapura untuk memasang instalasi listrik di perumahan tersebut. Hingga saat ini, ada 150 unit rumah yang sudah tersambung listrik.

Pemkab juga memastikan akan memasang saluran instalasi air bersih yang nanti akan dilakukan oleh PDAM Jayapura. Saat ini, Pemkab sudah memerintahkan PDAM untuk melakukan pemasangan sambungan ke 300 unit rumah tersebut.

Sebelumnya, Sekda Jayapura Hanna Hikoyabi mengatakan, pembangunan 300 unit rumah ini sempat mengalami kendala di lapangan sehingga menyebabkan ada sedikit molor progrees pekerjaannya. Pemerintah berharap, masyarakat bersabar menunggu proses ini selesai.(roy/tho)