DEKAI-Memasuki hari ke-40 dalam 100 hari kerja Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, SH.,  dan Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram, SIP., dilakukan launching pembangunan Kabupaten Yahukimo di titik nol Kabupaten Yahukimo, Rabu (21/7). 

Launching Pembangunan Kabupaten Yahukimo ini dihadiri Bupati Didimus Yahuli, Wabup Esau Miram, Forkopimda Kabupaten Yahukimo, Sekda Yahukimo, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Yahukimo, ketua TP PKK Kabupaten, ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Yahukimo, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan masyarakat.

Dalam acara launching pembangunan ini, Bupati Didimus Yahuli dan Wabup Esau Miram melakukan pencanangan program-program prioritas seratus hari sampai lima tahun ke depan. Program prioritas yang dicanangkan ini merupakan penjabaran dari visi Bupati dan Wabup Yahukimo yaitu “Membangun dengan Hati Mewujudkan Yahukimo yang Baru, Aman, Damai, Sehat, Cerdas dan Berintegrasi. 

Pencanangan pertama yang dilakukan yaitu program Yahukimo Sehat. Pencanangan Yahukimo Sehat ini ditandai dengan pemberian vitamin A oleh Bunda PAUD Kabupaten Yahukimo yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Yahukimo dan ketua Dharma Wanita Kabupaten Yahukimo.

Dalam pencanangan Yahukimo Sehat ini, juga dilakukan pelepasan tenaga perawat ke pos-pos. Pelapasan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo, Lesman Tabuni, SKM., MM.,. “Tenaga perawat yang dilepas ini, nantinya ikut membawa perubahan kesehatan bagi masyarakat yang dilayani,” ungkap Kadinkes Lesman Tabuni.

Pencanangan dilanjutkan dengan pelepasan guru-guru Indonesia Cerdas yang memiliki hati misionari untuk ikut membuat perubahan pendidikan di kampung-kampung. Ada 60 guru Indonesia Cerdas yang sudah dikirim ke pos-pos yang telah dipersiapkan. Pelepasan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo Akso Balingga, S.Pd., yang diserahkan kepada Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli.

Kegiatan pencanangan masih berlanjut dengan acara penyerahan aksesoris kebudayaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Yahukimo yang diterima Wabup Esau Miram. Aksesoris budaya yang diserahkan ini  sebagai bukti sejarah dari sebuah peradaban manusia. Adapun aksesoris budaya yang diserahkan yaitu noken/tas, koteka dan Sali sebagai pakaian adat, dan beberapa aksesoris lainya.

Pencangan dilanjutkan dengan peletakan batu bata pada lokasi pembangunan trotoar. Pembangunan trotoar ini dilakukan Pemkab Yahukimo di bawah kepemimpinan Bupati Didimus Yahuli dan Wabup Esau Miram, dengan tujuan supaya masyarakat manikmati perubahan pembangunan Yahukimo yang dimulai dari titik nol Kota Dekai yang ditandai dengan peletakan batu bata oleh Bupati Yahukimo, Wabup Yahukimo, ketua panitia Jan Piet Wanimbo, SE., Kapolres Yahukimo, Dandim 1715/Yahukimo dan Sekda Kabupaten Yahukimo.

Pencanangan ini dimulai dari titik kota dan direncanakan sampai seluruh kota, sehingga  nantinya akan terlihat perubahan di Dekai ibukota Kabupaten Yahukimo. 

Pencanangan berikutnya yaitu pencanangan infrastruktur jalan dan jembatan yang dimulai dengan pengaspalan jalan untuk peningkatan mutu jalan kota Dekai. Dengan pencanangan ini, nantinya akan ada perubahan pembangunan jalan dan jembatan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Dimana semua ini telah di rogramkan untuk kemajuan dan perubahan di Kabupaten Yahukimo.

Untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Yahukimo, pada masa kepemipinan Bupati Didimus Yahuli dan Wabup Esau Miram, dilakukan pembangunan jalan dari Herawe ke Distrik Mugi dan sekitarnya. Kemudian u ke Distrik Werima dan sekitarnya, lalu ke Distrik Sobaham, ke Distrik Ninia dan akhinya akan sampai ke Dekai. 

Pemerintah juga akan terus berupaya membangun infrastruktur jalan Jomote ke Panggema. Kemudian  jalan Suru-suru ke Silimo, lalu  dari Dekai ke Korupun dan ke Sela, Dekai-Uam, Dekai ke Suru-Suru, Dekai ke Seradala lalu ke Kabupaten Pegunungan Bintang. Pemkab Yahukimo juga akan terus berupaya membangun infrastruktur Pelabuhan Sungai di Pepera. Semuanya ini sudah diprogramkan dan akan dikerjakan oleh Dinas PU Kabupaten Yahukimo.

Pemerintah juga akan terus berdoa dan berupaya untuk memperbaiki pembangunan Listrik Tenaga Air (PLTA). Hal ini untuk menjawab pergumulan pelayanan listrik di Dekai. Di masa kepemimpinan Bupati Didimus Yahuli dan Wabup Esau Miram, Pemkab Yahukimo akan terus bergumul dan berupaya sehingga nantinya masyarakat bisa menikmati listrik dengan baik.

Pemerintah juga berupaya untuk membangun infrastruktur air bersih, sehingga masyarakat nantinya akan mendapat manfaat dari setiap kegiatan pemerintah untuk kemajuan dan perubahan Dekai. Semuanya ini akan menjadi program prioritas yang nantinya akan didesain dan dikerjakan oleh Bappeda Kabupaten Yahukimo. 

Terkait dengan pelaksanaan launching pembangunan Kabupaten Yahukimo ini, Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasi kepada semua pimpinan gereja yang telah ikut berpartisipasi melalui doa. Serta mengambil bagian dalam ibadah yang telah dipersiapkan sebelumnya. “Sehingga semua kegiatan pada hari ini yaitu launching pembangunan Kabupaten Yahukimo bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya. 

Launching pembangunan Kabupaten Yahukimo ini juga menjadi kado istimewa bagi Bupati Didimus Yahuli yang pada tanggal 20 Juli 2021 merayakan ulang tahunnya ke-48 tahun. “Semuanya ini, tidak terlepas dari campur tangan Tuhan kepada kita semua,” pungkas Bupati Didimus Yahuli. (nat)