Rombongan Komisi A DPRD Jayawijaya Saat Memantau Pembangunan GOR Dan Taman Menara Salib Wamena. Denny/Cepos 

WAMENA-Progres Pembangunan Tugu Salib (Wio Silimo) yang  menjadi icon Kota Wamena, , hingga kini belum rampung 100 persen. Karena itu,  Komisi A DPRD Kabupaten Jayawijaya melakukan kunjungan kerja ke lapangan untuk melihat progres pekerjaan yang telah berjalan sejak tahun 2011 lalu. Selain itu, rombongan juga melihat pembangunan Gedung Olahraga (GOR) yang tak jauh dari lokasi.

   Ketua Komisi A DPRD Jayawijaya, Elly Togodly mengakui, dalam kunjungan tersebut dapat dilihat pembangunan GOR Wamena sudah mencapai 75 Persen, sedangkan untuk tugu salib memang sudah hampir rampung, hanya saja beberapa item yang belum diselesaikan.

   “Dari kunjungan kami, GOR yang sudah dibangun itu capai 75 persen, semoga bisa selesai,”ungkapnya Senin (24/8)

   Untuk sisa pekerjaan 25 persen pembangunan GOR,  Ketua Komisi A DPRD Jayawijaya meminta agar dapat diselesaikan dalam waktu dekat juga. Sementara itu, Koordinator Komisi A DPRD Jayawijaya dan juga selaku Wakil Ketua I DPRD Jayawijaya, Niko Kosay menjelaskan, untuk pembangunan menara salib telah dianggarkan sejak 2011.

   “Dalam proses dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan, tidak berjalan sesuai yang diharapkan, karena itu hingga tahun 2020, pembangunan Taman Menara Salib belum diselesaikan. Kami turun dan lihat, pekerjaan tidak seratus persen selesai, jadi kami minta kontraktor yang mengerjakan dapat selesaikan,” kata Niko.

   Pada tahun 2020, lanjut Niko  DPRD tidak menganggarkan dana untuk pembangunan taman menara Salib. Karena untuk tahun 2020, Pemerintah Jayawijaya dihadapkan dengan Dampak pandemi Covid-19, namun untuk tahun kedepan, DPRD akan meninjau ulang kembali terkait persiapan anggarannya.

  “Kita akan lihat tahun depan lagi untuk mengusulkan anggaran utuk penyelesaian Tugu salib atau Wio silimo yang merupakan ikon dari Kabupaten Jayawijaya ini, agar bisa diselesaikan pembangunannya segera,”tutup Wakil Ketua I DPRD Jayawijaya. (jo/tri)