Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat bersalaman siku dengan salah satu santri di Pondok Pesantren Hidayatullah  Holtekamp, Jumat (15/5). ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Harusnya, bantuan tersalurkan untuk semua warga di 29 kabupaten dan Kota di tengah pandemi Covid-19. Namun kenyataannya, dari catatan Kepolisian Daerah (Polda) Papua, pembagian bantuan bahan pokok hingga saat ini belum maksimal.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan, ada beberapa daerah yang warganya belum sama sekali menerima bantuan. Bahkan ada Pemda yang belum sama sekali memberikan bantuan sosial kepada warganya.

 “Ini aneh, apa permasalahannya hingga warga belum mendapatkan bantuan. Kita akan minta pertanggungjawaban. Apalagi semangat Presiden Jokowi dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat dalam rangka penanggulangan Covid-19 sangat tinggi,” ucap Kapolda Paulus Waterpauw saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada komunitas muslim Wamena di Angkasapura, Distrik Jayapura Utara dan Pondok Pesantren Hidayatullah Holtekamp, Jumat (15/5).

Menurutnya, pemerintah pusat sudah memetakan terkait dengan bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat. Hanya saja, implementasi ke bawah ini yang berat, masih tersendat.“Kita  harap tidak ada lagi warga yang mengeluh akibat tidak mendapatkan sembako, semua harus dapat dan kita akan kawal penyaluran sembako kepada masyarakat,” ucapnya.

Semantara itu, di Komunitas Muslim Wamena di Angkasapura, Kapolda menyerahkan 100 paket sembako dan 100 paket baju muslim untuk 30 kepala keluarga dengan jumlah jiwa sekira 89 orang.Bantuan diserahkan langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi oleh Karo SDM Polda Papua dan Kabid Humas Polda Papua.

Kapolda Paulus Waterpauw menyampaikan, bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dari Polda Papua kepada masyarakat melalui tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dalam situasi sulit menghadapi Pandemi Covid-19. 

Tidak hanya itu, Kapolda juga memberikan imbauan dan sosialisasi agar warga semakin waspada akan penyebaran Covid-19 di Wilayah Kota Jayapura.“Pemberian bantuan ini sekaligus menyongsong hari raya Idul Fitri, semoga warga terbantukan di tengah situasi seperti ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Muslim Wamena Imran Asso menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kapolda Papua berupa sembako dan bantuan lainnya. Adapun paket sembako yang diberikan kapolda berupa ratusan paket sembako, serta ratusan baju muslim kepada para santri. (fia/nat)