Jacksen F. Tiago

JAYAPURA – Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae dan Ian Louis Kabes merupakan empat pilar penting Persipura selama ini. Kini, hanya mereka yang masih tersisah dari deretan bintang Mutiara Hitam yang sudah memberikan prestasi bagi tim kebanggaan masyarakat Papua itu.

Tak bisa dipungkiri, bahwa Boaz, Ricardo, Tipa dan Ian merupakan pemain kunci Persipura selama mengarungi kompetisi sepakbola tanah air, bahkan di pentas Asia. Mereka juga merupakan empat pemain yang sudah malang melintang di pentas AFC bersama Persipura.

Sehingga meski usai mereka saat ini berada pada senja karier, namun pengalaman mereka tetap dibutuhkan oleh Persipura dalam melakoni Piala AFC. Apalagi deretan pemain yang dimiliki oleh Persipura saat ini, masih sangat minim pengalaman untuk ukuran AFC.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, juga mengaku keberadaan pemain-pemain lawas masih menjadi salah satu kekuatan pasukan Mutiara Hitam musim ini. Apalagi keempat pilar tersebut selalu menjadi andalan panji Merah Hitam di pentas AFC, termasuk saat mengantarkan Persipura menapaki babak semifinal Piala AFC 2014 silam.

Tapi Jacksen menyebutkan, bahwa hal itu tidak menjamin keempat pemain seniornya itu akan menjadi pemain kunci bagi Persipura saat tampil pada Piala AFC nantinya. Tika pelatih asal Brasil itu mengaku keberadaan para pemain senior dapat membuat keseimbangan dalam tim. Sebab, Persipura musim ini diperkuat beberapa pemain-pemain muda yang belum pernah mencicipi kompetisi kasta kedua Asia tersebut.

“Saya tidak punya pemain inti atau pemain kunci, karena pemain kunci adalah pemain terbaik pada waktu itu, tapi mereka (Boaz cs) punya peran besar dalam membantu tim kita untuk menuju AFC. Semua kembali kepada performa mereka, tapi jujur mereka selama ini sangat membantu saya,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Jakarta, Rabu (16/6) siang kemarin.

Jacksen juga menyebutkan, bahwa performa mereka tentu mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Tapi Jacksen tetap menegaskan bahwa peran mereka masih sangat penting bagi tim.

“Seperti Ian Kabes yang saat ini cedera, makanya tidak ada pemain kunci tapi mereka punya peran besar dalam tim. Sebuah kompetisi yang akan kita jalankan nanti panjang dan butuh performa yang konsisten, dan pemain yang pengalaman (senior) itu rawan cedera. Kecuali Tipa,” ujar legenda hidup PSM Makassar dan Persebaya Surabaya itu.

“Mereka pasti akan mengalami kesulitan karena faktor umur, dan itu tidak bisa dibohongi, karena saya pernah mengalami hal yang sama, tapi mereka akan tetap menjadi penting dalam permainan kita,” pungkas Jacksen.

Senada dengan itu, legenda hidup Persipura Jayapura, Kamasan Jack Komboy juga mengaku jika peran pemain senior Persipura saat ini masih sangat penting dalam tim Persipura Jayapura.

“Mereka belum selesai, mereka masih punya tanggungjawab dimana tugas mereka memotivasi dan membimbing tim ini, karena para junior ini belum bisa dilepas, masih tergantung pada dukungan dari pemain senior,” tutup Jack Komboy. (eri/gin).