MERAUKE-  Kendati  undangan    untuk pelantikan    telah dicetak dan dibagikan, namun     pelantikan pengurus DPC  KNPI  Kabupaten  Merauke yang  rencananya  akan dilaksanakan  Jumat  (6/3)  lalu akhirnya  ditunda.    Ketua  Panitia  Pelantikan  Suzanna F. Kandaimu  kepada wartawan mengungkapkan penundaan pelantikan ini dikarenakan   hampir  seluruh pejabat yang ada di lingkup Pemkab  Merauke    turun ke   kampung karena saat ini sedang   dilakukan  musrenbang  tingkat  distrik. 

  “Musrenbang ini akan berlangsung sampai 9 Maret, sehingga  kami  dari panitia  berpikir bahwa kami   harus undur juga  sehingga keterlibatan  dari pemerintah dalam mendukung  pemuda sangat  penting  sekali, apalagi menjelang PON yang akan dilaksanakan di Papua dan  Merauke  juga salah satu pelaksana dari PON  tersebut,’’ kata  Suzanna, Jumat (6/3) lalu. 

   Menurut  Suzanna, ketika pelantikan  diharapkan   para pejabat khususnya  bupati, wakil bupati dan sekda   hadir  dalam  pelantikan tersebut.   ‘’Kami sebagai pemuda juga turut mendukung  relawan PON  untuk mensuskseskan  pelaksanaan PON  di Papua khususnya  Merauke,’’ jelasnya.   

   Sementara  itu, Ketua  DPV KNPI  Kabupaten Merauke  terpilih Simon Petrus  Balagaize  mengungkapkan bahwa  penundaan ini dilakukan karena   hampir semua pejabat  yang ada di lingkup  Pemkab Merauke   ikut dalam musrenbang yang  sedang   dilaksanakan di distrik -distrik tersebut. ‘’Kami    harapkan   mulai dari  bupati, wakil bupati, sekda sampai     pimpinan SKPD hadir  dalam  pelantikan ini  memberikan  dukungan kepada KNPI  Kabupaten Merauke.  ‘’Penundaan pertama dengan mempertimbangkan bahwa semua  pimpinan  SKPD ada diluar  dengan adanya Murenbang  tingkat distrik  yang sementara dilaksanakan.  Apalagi  pejabat yang berkepentingan sebagai subda PON itu  harus  hadir saatapelantikan itu,’’ terangnya.

   Disisi  lain,    kata Petrus Simon Balagaize, bahwa harapan dari Ketua KNPI Provinsi   Papua,   diharapkan semua hadir.  ‘’Pak Bupati sebagai Ketua Subda PON harus ada di tempat. Pak Wakil dan Pak Sekda. Karena kegiatan    ini  adalah kegiatan nasional .  Kami juga dari KNPI   bertangung jawab penuh  terhadap perekrutan  relawan , karena  pekerjaan  ini  benar-benar butuh energi dan kerja sama pemuda dna pemerintah,’’  tandasnya.  Petrus  Simon Balagaize menambahkan  bahwa penundaan  akan berlangsung sampai  11 Maret besok. (ulo/tri)