*Empat Pelaku Masih Dalam Pengejaran

JAYAPURA- Tim Kepolisian Sektor (Polsek) Abepura yang diback up oleh Tim Intelmob Polda Papua berhasil membekuk satu pelaku pengeroyokan berinisial AM (21) terhadap korban Fajar Aswad (25) yang terjadi di depan SMK Negeri 5 Distrik Abepura Kota Jayapura, Sabtu (6/6) lalu. 

Salah satu pelaku pengeroyokan di depan SMK Negeri 5 Abepura di Kota Jayapura, saat dibekuk dan diamankan di Mapolsek Abepura, Senin (29/6) kemarin.

 Dari data yang diterima cenderawasih pos bahwa satu pelaku pengeroyokan ini berhasil ditangkap oleh Tim Kepolisian Polsek Abepura yang diback up oleh Tim Intelmob Polda Papua pada hari Senin (29/6) kemarin di depan Puskesmas Hedam Distrik Heram Kota Jayapura. 

 Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas melalui Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya sudah menangkap satu pelaku pengeroyokan yang terjadi di depan SMK Negeri 5 Abepura beberapa waktu lalu.  “Satu pelaku sudah kami tangkap. Masih ada empat pelaku lagi yang masih kami lakukan pengejaran untuk menangkapnya,” katanya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya, Selasa (30/6).

 Kasus pengeroyokan ini berawal pada hari Sabtu (6/6) sekitar pukul 22.00 Wit pelaku AM datang ke halaman kos panjang samping SMK Negeri 5 Abepura. Kemudian ketemu dengan ketiga saksi tersebut diatas. Lalu pelaku yang dalam keadan mabuk meminta uang kepada ketiga saksi tersebut. 

 Sambil pelaku mengancam ketiga saksi dengan mengatakan kalau tidak kasih uang pelaku akan menikamnya, sambil pelaku memegang pisau yang diselip dipinggang sisi kanan. Karena para saksi tidak memiliki uang dan melihat pelaku memegang pisay badik, sejingga para saksi lari ketakutan dan bersembunyi demikianpun dengan pelaku langsung keluar dari halaman kos panjang.

 “Kemudian pelaku datang lagi bersama dengan beberapa orang temannya dan ketemu korban di jalan masuk kos panjang dan tanpa sebab pelaku bersama beberapa pelaku lainnya melakukan pengeroyokan terhadap korban, sehingga korban mengalami luka dibeberapa tubuh,” jelasnya. 

 Setelah korban melapor ke Polsek Abepura, maka Duwith menyatakan pihaknya langsung mengumpulkan beberapa barang bukti (BB) dan pada hari Senin (29/6) pihaknya berhasil menangkap salah satu pelaku dan empat pelakunya masih dalam pengejaran pihak kepolisian Polsek Abepura.  “Untuk empat pelaku lain kami masih dalam proses pengejaran untuk menangkapnya, sehingga para pelaku bisa diproses sesuai dengan perbuatannya,” ujarnya.

 Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Abepura, Iptu Jetny. L Sohilait berharap, agar empat orang pelaku yang masih menjadi buron sebaiknya menyerahkan diri.  “Kami harapkan empat pelaku yang masih menjadi buron agar segera menyerahkan diri,” harapnya. 

Sohilait menyatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara (bet/wen)

 (bet/wen)