Atlet Softball Putri Papua saat mengikuti Partha Cup 2019 silam di Yogyakarta. Cabang olah raga softball merupakan salah satu cabang yang nantinya akan dipertandingkan pada PON 2021 Papua. ( FOTO: Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Dalam Rakernas KONI pekan lalu, isu 10 cabang olahraga yang dihapus kembali diusulkan agar kembali dipertandingkan di PON XX 2021 Papua mendatang. Tapi usulan tersebut ditolak oleh PB PON Papua.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan, bahwa pihaknya saat ini terus mengebut persiapan sesuai SK Gubernur dengan 37 cabang olahraga saja.

Apalagi menurut Wonda, SK 37 cabang olahraga tersebut juga telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Sehingga ia menegaskan bahwa PON XX 2021 Papua hanya mempertandingkan 37 cabang olahraga.

“Kalau untuk kami di PB PON menolak itu, tidak usah ada cerita itu lagi. Tidak usah buat sesuatu yang aneh-aneh,” tegas Wonda kepada awak media, Selasa (1/9).

Menurut Wonda, PON kali ini tetap satu provinsi. Sehingga ia menolak bila 10 Cabor itu kembali dimasukan dalam agenda PON XX Papua.

“PON hanya di Papua, tidak ada pelaksanaan PON di beberapa provinsi. Sudah diputuskan 37 cabang olahraga, ya itu saja,” ujarnya.

“Jika PON kali ini tidak ada, mungkin di PON berikutnya silahkan ditambahkan. Tapi kita di Papua tetap 37 Cabor karena sudah diputuskan presiden dan gubernur Papua,” tandasnya. (eri/gin).