Wakil Ketua Sekretaris PB PON Papua, Longginus Sangur (paling kiri) saat memberikan keterangnya kepada awak media disela-sela jalan santai dan bersih pantai Hamadi, Jumat (6/3) siang kemarin. ( foto: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Dalam rangka menyemarakkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua, Panitia Besar (PB) PON Papua mengadakan jalan santai dan bersih Pantai Hamadi, Jumat (6/3).

Longginus Sangur, Wakil Ketua Sekretaris PB PON Papua mengatakan, jalan santai dalam rangka menyemarakkan PON XX 2020 tersebut diikuti ratusan peserta dari perwakilan sekolah, guru, tokoh adat, panguyuban dan masyarakat umum yang berada di Kota Jayapura.

“Tujuan dari jalan santai ini adalah kita ingin mensosialisasikan PON XX kepada masyarakat, apalagi PON Papua mengusung empat sukses, salah satunya sukses ekonomi, makanya kami ingin sampaikan bahwa PON ini membawa dampak ekonomi kepada masyarakat,” ungkap Longginus kepada awak media disela-sela jalan santai dan bersih pantai Hamadi Jumat (6/3) pagi kemarin.

Longginus mengaku, penyelenggaraan olahraga empat tahunan tersebut di Papua pada bulan Oktober mendatang dipastikan akan membawa dampak positif pada ekonomi daerah, terutama pada daerah yang menjadi lokasi venue PON.

“Kita harapkan dari pelaksanaan PON membawa dampak ekonomi kepada masyarakat, makanya kita ingin sosialisasi kepada masyarakat bahwa akan datang ribuan orang ke Papua, terutama kepada masyarakat penjualan makanan dan minuman, kerajinan khas daerah,” ujarnya

Sementara itu, Koordinator Bidang Peralatan PB PON Papua, Naftali Yogi mengimbau kepada semua lapisan masyarakat mendukung PON XX di bumi Cenderawasih. Menurutnya, dengan adanya PON dampak positif ekonomi itu tidak hanya untuk daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan PON saja, tetapi di luar itu juga bisa ikut merasakan.

“Terutama memang di kabupaten/kota yang menjadi tempat penyelenggaraan cabang olah raga PON, tetapi di luar itu juga tidak menutup kemungkinan dengan mendisitribusikan barang kerajinannya ke daerah yang jadi venue PON. Pokonya semua daerah di Papua memiliki kesempatan yang sama untuk mempromosikan potensi daerahnya melalui PON,” tandasnya. (eri/gin).