Foto bersama Ketua KONI Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, bersama Pembina PB Mandala, Farida Maswi dan perwakilan PB MTBP usai meraih juara umum pada Mandala Cup II di GOR Waringin, Minggu (8/3) malam. ( FOTO:Erik / Cepos)

Mandala Cup II

JAYAPURA – Perkumpulan Bulu tangkis (PB) MTBP Kota Jayapura sukses meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Mandala PBSI Kota Jayapura Cup II, dengan menorehkan 8 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu. Posisi runner up ditempati oleh PB Mandala dengan 4 medali emas, 6 perak dan 9 perunggu.

Kejuaraan yang berlangsung sejak 2-8 Maret di GOR Waringin Kota Jayapura itu diikuti sebanyak 14 PB se-Papua dan Papua Barat, dan juga diikuti beberapa atlet Bulu tangkis PON Papua yang tersebar dibeberapa PB Papua dan Papua Barat.

Ketua Panitia Mandala Cup II, Piter Kainama mengatakan bahwa kejuaraan ini mendapatkan animo yang begitu besar, dan juga telah melahirkan pebulu tangkis handal untuk bisa mengharumkan nama Kota Jayapura kedepan.

Dirinya juga mengapresiasi kepada pihak sponsor atas terselenggaranya Kejurda Mandala Cup II yang telah berjalan lancar tanpa kendala berarti. “Kami pihak panitia berterima kasih kepada para sponsor dalam hal ini Bapak Rudy Maswi sekeluarga, sehingga Kejuaraan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala berarti,” ungkap Piter disela-sela penutupan, Minggu (8/3) malam.

Sementara itu, Pembina PB Mandala, Farida Maswi mengaku bangga Kejuaraan yang digelar oleh pihaknya untuk kedua kalinya itu bisa berjalan dengan sukses. “Semoga lewat Kejurda Mandala Cup II ini bisa melahirkan atlet-atlet bulutangkis potensial dari ufuk timur Indonesia, dan bisa meningkatkan animo masyarakat terhadap bulutangkis di Kota Jayapura,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano melayangkan pujian kepada PB Mandala yang terus meningkatkan animo olahraga bulu tangkis di Kota Jayapura melalui Mandala Cup.

Pria yang menjabat sebagai Walikota Jayapura itu sangat mendukung kejuaraan Mandala Cup, sehingga ia berharap pada Mandala Cup III dapat melibatkan semua atlet bulu tangkis se-Indonesia Timur.

“Mandala Cup II ini melibatkan klub-klub dari Papua dan Papua Barat. Saya usulkan kepada klub PB Mandala ini mungkin eventnya tahun depan dalam rangka HUT kota kita bisa perluas pesertanya dari Indonesia Timur. Misalnya dari Papua Barat, Sulawesi, Ambon dan NTT bisa ikut ambil bagian. Kami Pemerintah Kota siap mendukung untuk event 2021 Mandala cup III. Ini juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat,” 

Tomi Mano juga menuturkan, bahwa dengan terebentuknya kepengurusan PBSI Kota Jayapura, sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan mengupayakan melakukan pelatihan wasit bulu tangkis di Kota Jayapura. “Saya ingin ada pelatihan untuk para wasit dan mungkin kita bisa datangkan dari pusat untuk instruktur kepelatihannya,” tandasnya. (eri/gin)