Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal

JAYAPURA- Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di beberapa wilayah di Papua telah digeser. Ia juga memastikan hingga saat ini situasi kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada kondusif.
“Hingga saat ini situasi aman dan kondusif, pergeseran pasukan ke lokasi pemungutan suara telah dilakukan,” kata Kamal kepada wartawan di Mapolda Papua, Senin (7/12).
Dikatakan, pasukan pengamanan di 10 kabupaten yang melaksanakan Pilkada sudah siap melaksanakan pengamanan di setiap TPS
Secara terpisah, Kapolres Boven Digoel, AKBP. Syamsurijal mengatakan, sebanyak 500 personel gabungan telah disiagakan di Boven Digoel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagaimana Pilkada di Boven Digoel ditunda.
“Antisipasi pengamanan kita sudah siap, pasukan dari Jakarta sebanyak 100 personel juga sudah tiba di Boven Digoel,” ucap Kapolres saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya.
Dalam pengamanan ini, pihaknya tetap mengutamakan persuasif dalam menghadapi masyarakat serta mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan di Boven Digoel.
“Keberadaan pasukan untuk menjaga situasi Kamtibmas di Boven Digoel, sehingga aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa tanpa merasa cemas,” ungkapnya.
Lanjutnya, anggota ditempatkan di seluruh kota yang ada di Tanah Merah. Selain itu melakukan Patroli tastis dan patroli mobile mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas. (gr/jo/ulo/fia/nat)