Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke saat melakukan pengukuran suhu  badan dengan menggunakan thermo gun  terhadap seorang calon  penumpang   pada Simulasi yang  dilakukan di Bandara Mopah Merauke,  Rabu (17/6). ( FOTO: Sulo/Cepos)

Melihat Kesiapan Bandara Mopah Merauke yang Akan Kembali Dibuka  

Mulai Jumat (19/2) Bandara Mopah Merauke kembali dibuka untuk penerbangan. Menyikapi hal ini, Otoritas  Bandara Wilayah X  dan pihak   Bandara Mopah Merauke  bersama seluruh stakeholder  melakukan  simulasi  keberangkatan dan kedatangan  penumpang sesuai dengan  protokol kesehatan.  

Laporan: Yulius Sulo-Merauke

Simulasi Rabu (17/6) kemarin,  dimulai  ketika  penumpang  mulai masuk  ke  pintu  masuk bandara, dimana   setiap  orang yang  akan masuk  baik menggunakan sepeda motor maupun roda empat  wajib menggunakan masker.

   Jika    tidak mengunakan masker  maka akan  disuruh  balik kanan. Setelah masuk ke dalam selanjutnya    ada  beberapa tahapan  pemeriksaan, dimana akan  dimulai   dengan  cuci tangan dan   pemeriksaan suhu  tubuh dengan menggunakan  thermo gun.   Kemudian  melalui  penyemprotan  desinfektan.  Lalu masuk ke  kursi yang  disediakan   untuk antre  jika  terjadi antrean   untuk  dilakukan   lagi  pemeriksaan  suhu badan oleh petugas dari  Kantor  Kesehatan Pelabuhan  sekaligus  dilakukan pemeriksaan  surat kelengkapan  rapid test  dan surat  izin jalan dari  Gugus Tiugas Covid0-19. 

   Jika  semua dokumen lengkap  sesuai dengan KTP, maka  calon penumpang   masuk  untuk melaporkan  diri ke maskapai. Sementara  penumpang yang  tiba,   harus menunjukan  surat dokumen   hasil  pemeriksaan rapid test serta pemeriksaan suhu tubuh. 

   Bupati Merauke  Frederikus Gebze, SE, M.Si setelah  mengikuti   simulasi  tersebut  mengungkapkan simulasi  yang dilakukan  ini  untuk memastikan   kembali bahwa proses   keberangkatan   calon penumpang dan  kedatangan  penumpang sudah  sesuai dengan   penanganan protokol kesehatan.  

  “Khusus  untuk bandara,  hari ini    kita melakukan simulasi mulai dari keberangkatan,  proses sampai   naik pesawat. Kita juga melakukan    simulasi  kedatangan  sampai  thermo gun secara menyeluruh,’’ terangnya. 

   Menurut  Bupati Frederikus, dari simulasi yang dilakukan  tersebut semuanya  sudah  berjalan  dengan baik  dan tinggal  disosialisasikan kepada  masyarakat  agar mengikuti  seluruh alur  yang  disiapkan tersebut. “Diharapkan  masyarakat tetap sehat, memiliki dokumen administrasi pendukung  baik KTP,  surat kesehatan  atau surat  izin  keluar   Merauke  atau rapid  test  yang sudah dipersiapkan,’’   terangnya.  

   Bupati  Frederikus Gebze mengharapkan bagi  yang akan  berangkat  tersebut, melakukan  rapid test  1 hari sebelum  berangkat.   Ditambahkan  Bupati  Frederikus  Gebze bahwa ketika  bandara  ini dibuka ada  kurang lebih  12 stakeholder  terkait di dalam  bandara  tersebut. Karena itu, dia berharap untuk saling koordinasi dengan baik untuk strategi penanganan dan  pencegahan. 

   “Dua-duanya memiliki makna yang penting, sehingga mari kita sama-sama menjaga dengan baik,’’    tandasnya. 

   Bagi   warga yang   akan masuk  Merauke, bupati  meyakini  mereka akan sehat –sehat saat masuk  Merauke. “Itu yang   kita harapkan supaya  beban dan tenaga kita, SDM    dan keterbatasan kita  bisa  kita atasi,’’ tambahnya. Untuk diketahui,     bahwa setelah  ditutup selama kurang lebih 3  bulan,   pemerintah  daerah memutuskan memberi kelonggaran dengan membuka kembali  Bandara Mopah Merauke 2 kali  penerbangan  penumpang  dalam setiap minggunya dimulai  Jumat  (19/6) besok.  (*/tri)