MERAUKE- Anggota  Komisi IV DPR RI  Drs. H. Sulaeman Hamzah  selama ini     konsen memberikan perhatian   kepada  masyarakat  khususnya  petani dan nelayan  sesuai  dengan  bidang tugasnya,. Yakni,  salah satunya di bidang pertanian dengan  menyalurkan  ratusan  bantuan alat mesin pertanian  kepada  petani di Merauke.

Drs. H. Sulaeman Hamzah

   Sulaeman memastikan bahwa  penyaluran Alat Mesin Pertanian  yang  merupakan  aspirasi  tersebut  kepada kelompok  petani  sudah sesuai dengan  mekanisme yang ada. “Itu mekanisme yang baku  yang  tidak pernah kita  lewati. Membentuk  kelompok kemudian didaftarkan ke dinas. Kemudian dinas melakukan evaluasi  apakah benar  kelompok itu ada dan tempatnya dimana. Lalu kita proses ke pusat. Jika alat dipenuhi kemudian dikirim  melalui dinas. Jadi   tidak dengan alamat saya. Tapi dikirim ke   dinas  kemudian anggota  yang bersangkutan  mengeksekusi  membagi kepada    kelompok tani. Khusus di Merauke, penyaluran    kami tidak lakukan sendiri tapi bersama-sama dengan  dinas,” kata Sulaeman Hamzah.

   Namun  diakui  bahwa dari  bantuan  yang diberikan  tersebut  sejak mulai 5 tahun lalu, ada yang   sudah   rusak karena faktor umur. Ada juga   karena   faktor sparepart  yang  sulit  didapatkan  oleh petani. Karena   itu, lanjut  Sulaeman  Hamzah, di tahun 2020   ini akan  dibangun sejumlah bengkel  Alsintan  tersebut  untuk memperbaiki   yang sudah rusak  sehingga  dapat   dimanfaatkan kembali oleh kelompok  petani.

   Selain  itu, lanjut  Sulaeman Hamzah,    juga akan dilakukan evaluasi   terhadap bantuan  Alsintan tersebut  kepada kelompok  tani.  (ulo/tri)