WAMENA-Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menegaskan bahwa pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas tetap berjalan dengan baik dengan ada petugas kesehatan di masing-masing Puskesmas. 

   “Saya sering ke distrik tanpa memberitahukan ke Kepala Distrik atau petugas kesehatan yang ada disana, artinya saya ingin melihat pelayanan kesehatan disana benar -benar ada atau tidak,” jelasnya.

Bupati Jhon Richard Banua, SE, MSi ( FOTO: Denny/ Cepos )

  Jhon Banua juga memastikan petugas kesehatan   dari Wamena aktif  mulai dari Puskesmas induk yang ada di Bolakme yang memiliki cabang ke Asologaima, bahkan ke Yalengga termasuk di Wolo juga ada puskesmas. Semua itu memiliki petugas sehingga untuk daerah perbatasn untuk pelayanan kesehatan selalu ada.

   “Jadi semua ring di luar kota Wamena semua sudah terakses dengan petugas yang ada, saya kira dimana ada puskesmas pasti ada petugas kami di tempat ,”tegasnya

  Ia juga menyatakan sebagai pimpinan daerah ia merasa hal seperti ini tak usah diberitahukan kepada publik , hal  yang penting apakah  warga mendapat pelayanan atau tidak, tak perlu semua berbicara kepada publik, 

   “Kalau masyarakat yang komplain mungkin ini yang perlu dilihat karena masyarakat yang merasakan pelayanan kesehatan di Distrik  dan Kampung,”ujar Jhon Banua. 

   Ia menambahkan Kalau masyarakat yang menyatakan tak ada pelayanan maka itu yang perlu dibuktikan panggil kepala Puskesmas , kepala Distrik untuk mengkonfirmasi semua itu yang diharapkan agar pelayanan kesehatan berjalan. “Saya juga selalu bekerja dan tak pernah menjelekkan Kabupaten lain, saya tetap bekerja khusus untuk kabupaten jayawijaya,”tutupnya. 

  Sekedar diketahui, penjelasan Bupati Jhon Banua ini, menanggapi pernyataan salah satu bupati di pegunungan yang meyayangkan pelayanan kesehatan di daerah perbatasan antara Mamteng, Jayawijaya, Lanny Jaya dan Tolikara  yang tidak berjalan baik. (jo/tri)