JAYAPURA-Satgas Covid 19 Provinsi Papua mengeluarkan data perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua, Jumat (15/5) malam kemarin. Berdasarkan data yang disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG (K), total kasus positif kumulatif di Provinsi Papua telah mencapai 343 kasus. Dimana 247 pasien dirawat (72 persen), 89 pasien sembuh (26 persen), dan 7 pasien meninggal dunia (2 persen).

Diketahui bahwa kembali terjadi penambahan  kasus positif baru sebanyak 9 kasus. Penambahan tersebut terjadi di Kota Jayapura sebanyak 6 kasus dan Kabupaten Jayapura 3 kasus. 

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh atau dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani perawatan, bertambah 9 orang. Sembilan pasien yang sembuh masing-masing di Kabupaten Mimika sebanyak 4 kasus, Kabupaten Jayapura juga 4 pasien dan Kabupaten Nabire satu pasien. Ini merupakan pasien pertama yang sembuh dari total 18 pasien positif Covid-19 di Nabire.

Dengan data ini, maka hingga kini Kabupaten Mimika tetap dengan kasus positif sebanyak 118 kasus. Setelah itu, disusul Kota Jayapura dengan 85 kasus positif, Kabupaten Jayapura merupakan daerah ketiga dengan jumlah kasus positif terbanyak, yakni 52 kasus. 

Sementara itu, untuk daerah dengan kasus positif Covid-19 terendah di Papua, di antaranya Kabupaten Supiori dengan 2 kasus positif, yang mana kedua pasien tersebut saat ini masih mendapatkan perawatan dari tenaga medis.

 Kabupaten Boven Digoel sebelumnya memiliki 3 kasus positif, namun 1 pasien telah dinyatakan sembuh, sehingga kini menyisakan 2 pasien yang masih dalam perawatan. Untuk Kabupaten Mamberamo Tengah, terdapat 2 kasus positif, namun perlu diketahui bahwa kedua pasien telah dinyatakan sembuh dari Covid 19, sehingga kini tak ada lagi kasus positif di Kabupaten Mamberamo Tengah.

Di sisi lain, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga kini telah mencapai sebanyak 2873 orang, di mana ODP terbanyak ada di Kabupaten Mimika dengan 1458 orang. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 515 pasien, dengan Kabupaten Keerom merupakan daerah dengan PDP terbanyak yakni 254 pasien. (gr/nat)