Khairul Lie ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

458 Sembuh, 17 Meninggal Dunia*

SENTANI-Jumlah pasien positif Covid- 19 di Kabupaten Jayapura secara komulatif sampai saat ini sudah mencapai 600 orang.

“Pasien Covid-19 sudah capai 600 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie dalam release yang diterima wartawan di Sentani, Sabtu (31/10).

Sementara jumlah pasien yang masih dirawat sampai saat ini sebanyak 125 orang. Dari jumlah tersebut, sebagian menjalani isolasi Mandiri di rumah dan ada juga yang menjalani isolasi di ruang isolasi rumah sakit, baik yang di Kabupaten Jayapura maupun di beberapa rumah sakit di Kota Jayapura.

“Pasien yang dinyatakan positif dan mempunyai gejala Covid-19, tentu akan dirawat di rumah sakit sedangkan yang dinyatakan positif tapi tidak bergejala, diarahkan isolasi Mandiri di rumah,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun jumlah pasien Covid-19 secara kumulatif di Kabupaten Jayapura sudah mencapai 600 pasien, namun sebagian besar dari pasien itu sudah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi.

“Yang sembuh sejauh ini sangat signifikan, sudah 458 pasien atau 76 persen dari jumlah pasien secara komulatif,” terangnya.

Sementara pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini sejak awal pandemi Covid-19, sudah 17 orang.

Dia mengatakan, sampai saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus meningkatkan upaya penanganan terhadap penyebaran pasien Covid-19. Misalnya melalui upaya tracing kontak erat dan pasien yang terkonfirmasi positif dan beberapa upaya lain yang menjadi kegiatan rutin dari gugus tugas.

“Kami berharap, masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya di daerah zona merah agar tetap mengikuti aturan protokol kesehatan,seperti pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,”tambahnya.(roy/tho)