Khairul Lie ( FOTO: Robert cepos)

Total Pasien Positif Mencapai 69 Orang 

SENTANI-Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura terus bertambah. Data Kamis,(28/5), tercatat ada 3 pasien baru yang positif Covid-19. Sehingga secara keseluruhan saat ini, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jayapura sudah mencapai 69 pasien.

“Ada penambahan tiga pasien baru sehingga totalnya 69 pasien Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan yang juga juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Jayapura, Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Kamis (28/5).

Dia menjelaskan, tiga pasien baru tersebut berinisial Y429, 456, berasal dari BTN Grand Doyo dan Y476 dari BTN Bambar Grand 1.

Sementara itu, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 188 orang dan Orang Dalam Pengawasan (PDP) 8 orang.

Sedangkan jumlah yang sudah dilakukan dan diserahkan ke Labkesda Provinsi Papua sebanyak 982 orang.

“Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari Labkesda Provinsi Papua karena ada banyak yang dilakukan pemeriksaan di sana,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, deteksi dini penyebaran Covid-19 dengan melakukan  pemeriksaan terhadap masyarakat di daerah yang berpotensi terpapar Covid-19 ini terus dilakukan oleh pihak terkait. Selain itu, pemerintah juga melakukan penyemprotan disinfektan dan tracing ketat terhadap masyarakat yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien positif.

“Dengan begitu upaya memutus mata rantai penyebaran wabah ini bisa maksimal,” tandasnya.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura supaya tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah mulai dari mengenakan masker, jaga jarak dan  rajin untuk mencuci tangan.(roy/tho)