Pemeriksaan suhu tubuh terhadap warga lokal yang beraktivitas di pinggir Danau Sentani di tengah pandemi Covid-19, Selasa, (9/6). ( FOTO: Robert Cepos)

66 Pasien Dirawat, 42 Sudah Dinyatakan Sembuh

SENTANI- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura terus bertambah. Jika sehari sebelumnya, jumlah kasus positif sudah mencapai 106 orang, data terbaru pasien Covid- 19 ini bertambah sembilan orang lagi sehingga total secara komulatif menjadi 115 pasien.

“Ada penambahan baru, 9 kasus hari ini dan kasus positif ini sudah tersebar dibeberapa lokasi baru,”kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Jayapura, Khairul Lie dalam release yang diterima media ini, tadi malam.

Untuk sembilan kasus baru ini berasal BTN Matoa Sentani, seorang perempuan dewasa, asrama Auri ada dua pasien pria dewasa, di Toladan tambahan empat kasus, terdiri dari tiga pasien pria dewasa dan satu wanita dewasa. Kemudian di BTN Doyo Grand tambahan satu kasus merupakan pria dewasa. Selain itu ada juga satu pasien positif berasal dari BTN Bintang Timur. 

“Saat ini ada 66 yang dirawat dan 42 sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Perlu diketahui, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura belum menerapkan keputusan Pemerintah Provinsi Papua terkait dengan  relaksasi waktu  untuk kegiatan masyarakat. Bupati menyebutkan sangat mendukung program tersebut. Namun khusus untuk di wilayah kota yang terdiri dari 3 distrik yakni Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur dan Distrik Waibu belum menerapkan kebijakan itu. Pemkab tidak ingin gegabah menerapkan kebijakan itu karena dikhawatirkan apabila diterapkan tanpa protokol kesehatan yang tepat, maka  akan menambah daftar panjang pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura khususnya di tiga wilayah daerah yang sudah masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 itu. 

“Kita mendukung, tapi untuk zona merah ini kita harus betul-betul siapkan protokol kesehatannya. Kita menerapakan kebijakan ini, artinya protokol kesehatan harus diperketat tiga kali lipat,”pungkas Bupati Mathius.(roy/tho)