JAYAPURA-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Papua mengabarkan berita duka. Dimana menurut Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., satu pasien meninggal dunia di Kota Jayapura.

“Penambahan satu kasus meninggal dunia di Kota Jayapura, yakni seorang wanita berusia 53 tahun yang meninggal dunia pada 29 Mei lalu. Namun kemudian diketahui hasil PCR yang baru keluar, yang mana dari hasil PCR tersebut didapat hasil positif,” ungkap dr. Silwanus Sumule, dalam videoconference, Kamis (4/6) malam kemarin.

Dijelaskan dr. Sumule bahwa selain terpapar Covid-19, pasien meninggal dunia tersebut memiliki penyakit penyerta. Pasien tersebut disampaikan meninggal dunia di salah satu rumah sakit mitra di Kota Jayapura.

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)  Gratianus Silas/Cepos

“Kami atas nama Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan turut berduka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan,” jelasnya.

Selain itu, terjadi pula penambahan kasus positif sebanyak 15 kasus. Penambahan tersebut terjadi di Kota Jayapura sebanyak 8 kasus, Kabupaten Mimika dengan 4 kasus, dan Keerom memiliki 3 kasus positif baru tambahan. 

Adapula penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyakb 18 pasien, yakni 2 pasien dari Kabupaten Merauke, 4 pasien dari Jayawijaya, 1 pasien dari Mimika, 8 pasien dari Pegubin, dan Kota Jayapura sebanyak 3 pasien.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah 120 orang, yakni dari Merauke sebanyak 2 orang, Mimika sebanyak 107 orang, Kota Jayapura dengan 11 orang, dan Jayawijaya memiliki tambahan 7 orang.

“Angka-angka ini menunjukkan bahwa kita masih perlu perhatian. Masih ada pekerjaan rumah bagi petugas kesehatan dan pemerintah daerah, khususnya yang berada di Mimika dengan 107 ODP, dan Pegunungan Bintang dengan 8 PDP,” ungkapnya.

Namun, di sisi lain, terdapat pula kabar yang cukup mengembirakan, di mana terjadi penambahan pasien sembuh sebanyak 17 pasien. Dalam hal ini tambahan 17 pasien sembuh berasal dari Boven Digoel sebanyak 5 pasien, Kabupaten Jayapura dengan 5 pasien, Merauke dengan 2 pasien, Kota Jayapura 1 pasien, Mimika 3 pasien, dan Keerom bertambah 1 pasien sembuh.

Menurut dr. Silwanus Sumule hingga Kamis (4/6) malam kemarin, diketahui bahwa total kasus positif kumulatif di Provinsi Papua telah mencapai 877 kasus. Dari jumlah tersebut 593 pasien tengah dirawat, 271 pasien telah dinyatakan sembuh, dan 13 pasien meninggal dunia. Sementara untuk ODP berjumlah total 3105 orang, PDP berjumlah 799 pasien, dan pemeriksan PCR mencapai 5152 sampel. (gr/nat)