Juru  Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten  Merauke    dr. Nevile  R. Muskita

MERAUKE- Dalam dua hari yakni  Selasa dan Rabu (30/9), kemarin, jumlah  terkonfirmasi  positif   Corona di Kabupaten   Merauke  bertambah  7  orang.   Juru  Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten  Merauke    dr. Nevile  R. Muskita  mengungkakan bahwa pada Selasa (29/9)  terjadi penambahan 2 terkonfirmasi  positif. Sementara   pada  Rabu  (30/9), terjadi penambahan  5  orang positif. 

  “Hari ini   ada  5 orang  yang  terkonfirmasi positif. Kalau  kemarin  itu  2 orang,’’ tandas   Nevile Muskita.  

   Dikatakan, dari 5  yang terkonfirmasi  positif   di hari  Rabu tersebut,  2  diantaranya  merupakan  pelaku perjalan dari Jayapura. Sementara   3 orang lainnya kontak  erat dengan   2 pelaku perjalanan  tersebut. “Kluster  keluarga. Dari anak ke   orang tuanya kemudian ke adik-adiknya   dan sebaliknya,” kata   Nevile. 

  Dikatakan, kluster keluarga  ini  biasa  terjadi  apabila  ada anggota  keluarga   yang terpapar  Covid-19, namun   karena belum  ketahuan sehingga   melakukan  kontak erat dengan  anggota keluarganya. Atau pelaku perjalanan yang   pada saat tiba   melakukan  karantina mandiri atau   tidak melakukan karantina mandiri namun  kontak  erat dengan anggota  keluarganya. 

  “Tentunya kita  lakukan tracing dengan seluruh anggota keluarganya yang  ada terkonfirmasi  Covid-19 tersebut   atau dengan  siapa saja yang  melakukan kontak erat dengan  pasien Covid  tersebut,’’ jelasnya.  

   Dengan bertambahnya   7 pasien Covid-19  tersebut, maka   total  warga Merauke yang   terpapar  Covid-19 secara kumulatif sebanyak  91 orang. Dari jumlah   tersebut,  70  diantaranya telah dinyatakan sembuh, sehingga yang   menjalani  isolasi dan perawatan saat  di RSUD Merauke sebanyak  21 orang. 

   “Kalau  yang sedang menjalani  perawatan sekarang  sebanyak  21 orang,’’ tandasnya.    Dengan  bertambahnya   pasien Covid-19   tersebut,  Nevile Muskita  kembali mengajak dan mengimbau  masyarakat  Merauke  untuk taat dan disiplin  dalam  menerapkan protokol kesehatan (prokes)   untuk memutus mata rantai penularan  Corona  di Merauke yakni menggunakan masker, jaga jarak    dan sering mencuci  tangan di air yang  mengalir.  (ulo/tri)