STERILKAN PASAR: Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., saat memantau penyemprotan desinfektan dan pembersihan sampah di Pasar Youtefa Abepura, Sabtu (27/6). Humas Pemkot Jayapura for Cepos 

*Pedagang PasarPerbatasan Skouw Akan Dirapid Test

JAYAPURA-Pemerintah Kota Jayapura melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura telah mensterilkan Pasar Youtefa yang ditutup sementara sejak, Sabtu (27/6).

Selain melakukan sterilisasi dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan, areal pasar menurut Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., juga dibersihkan dari sampah.

“Hari Sabtu sudah kami tutup total Pasar Youtefa Abepura tanpa ada aktivitas pedagang. Termasuk pedagang dari depan jalan masuk pasar dari arah barat dan juga dari arah timur semua kosong tidak ada aktivitas. Sebab kami lakukan penyemprotan desinfektan, pembersihan dan perapian pasar,” jelas Rustan Saru yang juga Wakil Wali Kota Jayapura, Minggu (28/6). 

Sterilisasi dan pembersihan ini dilakukan agar saat pasar kembali dibuka, pedagang dan warga yang beraktivitas bisa lebih nyaman. “Kami juga turunkan alat berat dan 5 dam truk dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura  untuk membersihkan sampah yang menumpuk serta sedimen yang ada di got pasar. Disperindagkop juga menurunkan ada sekira 18 personel  untuk membantu tim lainnya membersihkan pasar,” tuturnya.

Mengenai rapid test masal selanjutnya, Rustan Saru mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura akan melakukan rapid test masal di Pasar Perbatasan Skouw di Distrik Muara Tami. Hal ini dilakukan untuk memastikan warga dan pedagang di sana tidak terkena virus Corona.

 “Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan rapid test masal di sana. Jangan sampai pedagang di sana juga ada yang reaktif, karena pernah turun berbelanja di Pasar Youtefa abepura,” tambahnya. 

Sementara itu, Ketua  Pansus DPRD Kota Jayapura Yuli Rahman, SH, meminta seluruh pedagang dan warga yang beraktivitas di Pasar Youtefa untuk menjaga kebersihan dan keindahan pasar. 

“Jangan lagi membuang sampah sembarangan. Tapi setiap pedagang wajib menyediakan tempat sampah sendiri. Sehingga pada saat selesai berjualan mau pulang ke rumah, semua  sampah sudah bisa terkumpul dengan baik dan tempat berjualan sudah bersih,” pungkasnya.(dil/nat)