Panwasrah PB PON  saat tiba  di Bandara Mopah  Merauke,  Senin (9/3)  ( FOTO: Sulo/Cepos )

PON 2020 Papua

MERAUKE –  Perwakilan  dari 6 Cabang  Olahraga  (Cabor) PON yang akan  dipertandingkan di Kabupaten Merauke  pada Oktober mendatang  tiba di Merauke  untuk melakukan  pengecekan  langsung  masing-masing   venue  tersebut.  Ketua  Pengawas dan Pengarah   (Panwasrah)   PB PON XX Suwarno,   kepada wartawan di Merauke mengungkapkan, bahwa kedatangan   pihaknya kali ini agak spesifik  karena  yang dibawa   kali in adalah seluruh perwakilan dari cabang  olahraga yang dipertandingkan di Merauke.

   ‘’Disini ada  6 cabangh olahraga  yang akan dipertandingkan. Unsur bermotor, sepak bola,  wushu, pencak silat, anggar dan catur. Semuanya ada disini. Harapan dari apa yang ada, kita ingin masing-masing dari   cabang olahraga  melihat dari rencana cabang yang akan digunakan  apakah  masih dalam proses pembangunan atau  dalam  perbaikan  kecil-kecil, kebersihan dan sebagainya. Sehingga masing-masing  nanti merencanakan dari apa yang akan dikerjakan pada saat persiapan venue  ini,’’ katanya.

 Terkait dengan penyusunan  personil,   menurut  Suwarno bahwa yang mendampingi  masing-masing  perwakilan   Cabor  ke lapangan tersebut sudah  ada. ‘’Harapannya, setelah    kita kembali dari  venue, mereka dapat menyusun personil yang dibutuhkan pada saat pertandingan,’’ terangnya.

     Sementara  pihaknya  dari Panwasrah, kata    Suwarno   kedatangan pihaknya ke   Merauke  adalah  untuk melakukan koordinasi   terkait  akomodasi, transportasi, konsumsi , kesehatan  dan bidang   lainnya. ‘’Sebetulnya, kami berharap dari PB   PON  ada yang hadir  disini, sehingga bisa sinkron antara kebijakan yang diambil oleh  PB PON dengan apa  yang akan dilaksanakan di masing-masing  kluster termasuk Merauke,’’ jelasnya. 

 Sementara terkait proses pembangunan 2  venue olahraga yakni  Stadion Katalpal dan  Sirkuit Bermotor,  Suwarno berharap agar  pembangunan venue  olahraga  tersebut dapat  dilanjutkan agar tidak ada yang   berhenti. 

‘’Masih banyak pekerjaan   yang harus dikerjakan di bermotor.  Laporan  yang kami terima  pagi ini,  baru 27 persen. Tapi saya yakin mereka  akan selesai   pada  waktunya. Sedangkan sepak bola  sudah proses penanaman rumput  minggu  lalu. Harapannya nanti lebih cepat dari  yang direncanakan.    Karena kalai dihitung  6 bulan  itu sudah mepet. Agustus   baru selesai. Tapi  kita berharap semua  terkejar dan selesai pada  bulan Juli    atau paling akhir bulan Agustus 2020,’’ tambahnya.  (ulo/gin)