Thomas Sondegau (FOTO: Gamel Cepos)

JAYAPURA-Kedatangan Pansus Otsus DPR RI ke Papua disambut positif oleh DPR Papua. Apalagi hingga kini DPR Papua juga memiliki pansus yang sama yang mengumpulkan aspirasi jelang evaluasi Otsus untuk nantinya disampaikan kepada DPR RI dan dibahas lewat pro legnas.

Hanya saja menurut Ketua Pansus Otsus DPR Papua, Thomas Sondegau  sebisa mungkin agenda DPR RI yang melakukan reses ke Papua ini bisa sekalian mendengar apa yang menjadi aspirasi lewat rapat dengar pendapat yang sudah dikumpulkan.   “Kedatangan tim DPR RI ke Papua untuk menggelar reses pikiran saya sebisa mungkin sekalian dengan mendengarkan aspirasi soal evaluasi Otsus yang sudah dirangkum,”kata Thomas, Rabu (21/4).

Ia berharap DPR RI tidak hanya melakukan pertemuan dengan pemerintah provinsi tetapi juga dengan DPR Papua maupun MRP guna mendengar apa saja yang sudah dilakukan pansus Otsus dua lembaga ini. “Saya pikir mereka (DPR RI) perlu membangun komunikasi  yang baik. Pansus sudah bekerja paling tidak ini juga bisa didengar,” tegasnya.

Thomas berharap Pansus DPR RI ini tidak hanya turun kemudian menemui satu dua orang tokoh dan membawa apa yang disampaikan tokoh tersebut sbagai kesimpulan. “Itu cara – cara lama yang akhirnya persoalan yang mengakar ini tidak diketahui, itu karena hanya mendengar satu dua orang yang belum tentu mewakili,” imbuhnya. (ade)