Edoardus Apcowo ( FOTO : Edoardus for Cepos)

JAYAPURA-Atlet andalan PABBSI Papua, Edoardus Apcowo, peraih medali emas tiga kali PON berturut-turut, berharap atlet  PABBSI Papua pada nomor Binaraga bisa menyumbangkan medali emas di rumah sendiri, saat penyelenggaraan PON XX 2020 mendatang.

Edoardus merupakan atlet Binaraga andalan Papua dalam ajang nasional. Edoardus mencatatkan hatrick medali emas saat PON XVII Kalimantan Timur (65 Kg), PON XVIII Riau (65 Kg) dan PON XIX Jawa Barat (70 Kg).

Edo sapaan akrabnya, menuturkan, tidak ada alasan untuk tidak menyumbangkan medali emas bagi Papua pada PON XX. Mengingat, event olahraga nasional empat tahunan tersebut akan dilaksanakan di rumah sendiri.

Dikatakan Edo, atlet Papua memiliki potensi besar menyumbangkan medali pada cabang olahraga PABBSI . Apalagi, peralatan latihan saat ini sudah menunjang untuk bisa meraih prestasi.

“Dulu awal saya latihan belum ada fitnes yang seperti sekarang ini,  dulu peralatan belum memadai, tapi karena semangat berlatih dan selalu mengikuti arahan pelatih, tidak terpikirkan bisa meraih prestasi yang luar biasa di level nasional. 3 kali PON berturut-turut meraih medali emas PON Kaltim, PON Riau dan PON Jawa Barat,” ungkap Edo kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Sabtu (17/8).

Edo juga masih memiliki kesempatan untuk kembali menyumbangkan medali emas bagi kontingen Papua pada PON XX mendatang. Mengingat, Edo sendiri akan turun pada nomor Binaraga nomor 70 Kg. “Bagi adik di PON nanti tetap semangat berlatih, karena tidak semua bisa jadi atlet yang berprestasi,” tandasnya. (eri).