JAYAPURA – Kedatangan tim khusus TNI yang disebut – sebut  sebagai tim penumpas gerakan Operasi Papua Merdeka (OPM) nampaknya bakal disambut hangat oleh pasukan OPM. Ini setelah pihak TPN-OPM  menyatakan siap melakukan perang terbuka bahkan lokasi perangnya juga sudah disiapkan.  Pihak TPN-OPM sudah menunggu untuk baku sikat di lokasi tersebut. 

“Kami baru menerima laporan dari pimpinan Komnas TPN-OPM bahwa lokasi untuk  perang sudah ditentukan dan TPN-OPM siap melawan pasukan setan teroris yaitu militer dan polisi Indonesia,” kata Juru Bicara TPN-OPM Sebby Sembom dalam rilisnya, Kamis (27/5).

 Ia menyebut bahwa pasukan Goliath Tabuni dan Komandan Operasi Nasional, Lekagak Telenggen sudah siap dan meminta kepada  TNI-Polri untuk masuk ke area perang. Ini dilakukan kata Sebby semata – mata agar tak ada korban dari masyarakat sipil. “Ini demi keselamatan rakyat sipil di Puncak Ilaga. Hanya saja yang kami amati hingga kini pasukan setan masih melakukan operasi militer di area perkampungan penduduk lokal,” bebernya. 

 Jadi Sebby kembali mengingatkan bahwa dengan lokasi yang sudah ditentukan yakni di muara Kabupaten Puncak Ilaga maka tak boleh lagi ada korban di luar lokasi tersebut. “Jangan  ganggu aktifitas sipil di Distrik Gome karena TPN-OPM dan pasukannya sudah masuk ke lokasi  untuk berperang,” tegasnya. 

OPM juga membantah pernyataan pihak kepolisian yang menyebut jika kelompok mereka melakukan pembakaran dan membunuh ternak babi. “Itu bukan kami dan kalau Kapolda mengatakan ruang gerak kami sudah dibatasi dan kami adalah pendatang di Ilaga itu salah. Saya ada di Ilaga dan  lucu kalau mengatakan saya adalah pendatang,” pungkas Sebby. (ade/nat)