Kebersihan dan Keamanan Dijaga Bersama-sama

Para sopir taksi menunggu penumpang di jalur yang ditentukan oleh pemerintah Selasa, (5/1) kemarin. ( FOTO: Noel/Cepos)

JAYAPURA – Terminal Ekspo Tipe B Waena Selasa (5/1) kemarin mulai beroperasi . Seluruh trayek yang melewati  kawasan Expo  seperti Trayek JI J2  Waena- Abe, 103 Sentani -Abe, dan sebagainya bisa mengambil penumpang di tempat yang lebih representatif.

Kepala UPT Termin Tipe B Waena, Muhamad Tamrin mengatakan usai melanjutkan rapat tanggal 4 Januari dan melakukan simulasi sudah ada koordinasi kesepakatan untuk pengoperasian dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam

” Untuk Trayek JI J2  Waena- Abe, 103 Sentani -Abe, dan Bus BRT belum beroperasi dari kota, serta mobil ke Sarmi, dan untuk retribusi belum dipungut, baik taksi, los kios, dan kendaraan yang diparkir, dan setiap los akan diatur sesuai SOP seperti Surat izin usaha dan lainnya,” katanya  Selasa, (5/1) kemarin.

Sementara untuk hari pertama dilakukannya pengoperasian terminal berjalan baik, namun karena beberapa koordinator sudah memahami tetapi sopir-sopir yang perlu diatur lagi tapi dalam waktu dekat mereka sudah bisa memahami begitu juga penumpang.

Sementara itu terkait rekayasa lalu lintas di depan jalan masuk terminal yang merupakan jalan jalan nasional ia mengatakan akan melakukan koordinasi dengan kementerian  perhubungan karena jalan nasional terkait jalur yang dibutuhkan.

“Fasilitas terminl untuk penumpang ada 19 WC tapi yang kami fungsikan hanya 4 dulu, lalu ada fasilitas tempat duduk lainya, begitu kami berharap kepada penumpang dan juga sopir taksi untuk sama-sama menjaga terminal ini sehingga dapat digunakan sebaik mungkin, baik kebersihan dan keamanan,” katanya.

Apinus, salah satu penumpang trayek Sentani, mengaku senang dan berharap terminal tersebut dapat dijaga bersama demi kebutuhan bersama. “Sekarang ini baru terlihat terminal, tidak kayak di Expo kami harap ini terus dijaga kebersihannya dan juga setiap usaha-usaha yang ada di pinggir terminal agar kita terbaik jangan seperti yang ada di Expo,” katanya.(oel/wen)