Apel operasi Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 di Taman Imbi, Selasa (16/6) kemarin. ( FOTO: ELFIRA/CEPOS)

#Dua agenda penting pencegahan Covid-19 dan antisipasi kegiatan  putusan 7 terdakwa.

JAYAPURA- Apel operasi Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 mengantisipasi putusan Pengadilan Balikpapan Kalimantan Timur terhadap 7 orang terdakwa dugaan kasus makar pada Rabu (17/6) hari ini.

Kasat Ops Aman Nusa II Polda Papua AKBP Aris Rusdiyanto menyampaikan, sesuai informasi awal dari Set OPS Mabes Polri terkait dengan Operasi Aman Nusa II akan diperpanjang selama 2 bulan ke depan hingga akhir Agustus. Sehingga itu, anggota diminta jaga kesehatan.

Dikatakan, ada dua agenda penting yang menjadi perhatian Satgas Aman Nusa II Matoa yakni pencegahan penanganan Covid 19 per Satgas. Namun ada perintah lain juga untuk antisipasi kegiatan mahasiswa yang sedang menunggu keputusan 7 terdakwa yang ada di Balikpapan. 

“Kita sudah bentuk Tim melengkapi peralatan dan sarana angkutan truk dari Samapta sedang dipakai pengamanan dibeberapa titik, serta kita manfaatkan pengangkutan kita yang sudah ada,” terangnya.

Dirinya juga mengingatkan cara bertindak  anggota di lapangan untuk tidak gegabah, apabila kekurangan personil dari Polresta Jayapura Kota maka kita akan backup sehingga kegiatan kita ini bersifat fleksibel.

 “Kita sebagai aparat Kepolisian tidak boleh menjadi provokator dan mudah diprovokasi, tidak memprovokasi atau memanas-manasi para pendemo baik melalui media sosial maupun di lapangan saat berhadapan dengan masyarakat,” pintanya. 

Selain itu, anggota diminta tidak boleh melakukan tindakan yang berlebihan, baik itu menggunakan kekerasan fisik ataupun ucapan kata – kata yang bersifat rasis dan kasar berupa makian. “Sehingga nantinya akan menciptakan konflik antara kita petugas dengan masyarakat yang melintas. Ciptakan hal-hal humanis untuk keamanan bersama,” ungkapnya. (fia/wen)