Peparnas 2021 Papua

JAYAPURA – NPC Papua benar-benar berambisi untuk mencapai prestasi terbaik saat Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua 2021. Segala upcaya terus dilakukan oleh NPC Papua, mulai dari menyiapkan atlet potensial serta SDM pelatih yang mumpuni. Bahkan, NPC Papua kembali memberikan penyegaran periodesasi kepada para pelatih agar bisa mencapai puncak prestasi saat Peparnas berlangsung.

Ketua tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) prestasi atlet NPC Papua, Prof. Saharuddin Ita mengatakan, bahwa olahraga terus berkembang. Sehingga para pelatih dituntut untuk bisa menciptakan periodesasi berjenjang agar bisa menghasilkan sebuah atlet yang benar-benar potensial dalam meraih medali emas.

“Hari ini (Sabtu-red) kami memberikan penyegaran kepada pelatih untuk periodisasi program latihan, karena pemahaman teman-teman pelatih kita ini mereka melatih berdasarkan pengalaman saat mereka menjadi atlet. Sehingga kita memberikan program periodisasi itu seperti apa, agar para pelatih bisa menciptakan atlet yang berprestasi,” ungkap Saharuddin kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Hotel @Home Tanah Hitam, Abepura, Jayapura, Sabtu (3/7).

Bahkan menurut Saharuddin, untuk memperdalam skuad NPC Papua di Peparnas XVI Papua, mereka juga akan menambah konsultan di cabang olahraga potensial, seperti cabang olahraga Renang. 

“Kami akan berusaha untuk mencarikan satu konsultan di Cabor Renang, karena ini Cabor dengan nomor terbanyak setelah Cabor Atletik. Kita harus upayakan untuk meningkatkan prestasi di Cabor Renang,” ujar Saharuddin.

Sementara itu, Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma, mengatakan jika penyegaran periodisasi latihan mereka lakukan untuk cabang olahraga yang masih melakukan pemusatan latihan di Kota Jayapura dan sekitarnya. Menurut Jaya Kusuma, Peparnas XVI tinggal menyisakan tiga bulan lagi, sehingga persiapan atletnya harus benar-benar digenjot.

“Memang ada hal-hal yang memang perlu diseriusi oleh pelatih, karena semakin dekat pelaksanakan Peparnas. Sebab itu perlu para pelatih ini diberikan penyegaran supaya bagaimana menerapkan ilmu ini untuk memberikan pelatihan kepada atletnya dengan benar dan terukur. Periodisasi ini perlu kita lakukan agar para pelatih bisa meraih prestasi yang terbaik,” jelas Jaya Kusuma.

Pria yang juga menjabat selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura itu juga membeberkan, bahwa NPC Papua terus memantau perkembangan para atletnya setiap saat. Apalagi Peparnas kali ini akan dilaksanakan di rumah sendiri (Papua), sehingga juara umum menjadi prioritas utama.

“Kami selalu meminta hasil latihan mereka, dan saya juga selalu menyampaikan kepada pelatih bagaimana para atletnya agar terus melampaui catatan terbaik para atlet di luar sana. Karena jalan itu yang bisa kita tempuh untuk meraih juara di Peparnas Papua,” tegas Jaya Kusuma.

Selain itu, dalam penyegaran periodisasi latihan, Jaya Kusuma juga meminta kepada para pelatih agar menyiapkan data lengkap atletnya terkait pendaftaran entry by number dan entry by name.

“Persyaratan yang dibutuhkan harus dipersiapkan oleh para pelatih, segala persyaratan harus disiapkan. Karena data itu semua akan dibawa ke NPC Pusat untuk bisa mendapatkan kartu tanda anggota (KTA), KTA ini sangat penting, karena ini sebagai syarat atlet untuk ikut bertanding pada Peparnas XVI Papua,” pungkasnya. (eri/gin).