Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs  Benjamin  Latumahina

MERAUKE-Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs  Benjamin  Latumahina dan Plt  Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita  memberi pendapat   yang sama.   Ditemui secara terpisah, Ketua DPRD  Kabupaten Merauke Benjamin Latumahina mengungkapkan    bahwa masalah  new   normal   tersebut  sudah harus  mulai dipikirkan sekarang. 

   ‘’Karena tidak   mungkin kita hidup   dengan situasi seperti ini, sehingga   new   normal  sudah harus  dipikirkan dan  harus dibicarakan  dengan seluruh  stakeholder  yang ada  di  Kabupaten Merauke  untuk diputusakan,” kata  Benjamin Latumahina, ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Merauke, Jumat (29/5). 

  Politisi Partai Nasdem  ini  menjelaskan  bahwa new  normal  tersebut sudah harus mulai  dipersiapkan. Sebab, jika dilihat  dengan  situasi  yang ada sekarang  tidak mungkin menangani satu dua pasien dari  positif  ke negative, namun seluruh  perekonomian dikorbankan. 

  “Apakah Covid-19  ini nanti  dianggap sebagai penyakit  yang kemudian  kita  hati-hati  seperti TBC, AIDS yang ketika   kita tidak waspada dan menjaga diri masing-masing. Kalau sudah sampai ke tataran itu  maka kita harus  bicara, bagaimana  kita persiapkan   untuk kita bisa   hidup  normal kembali  harus mulai  ditata  kembali  di Kabupaten  Merauke,’’ terangnya.    

   Menurut dia, perlu  mulai dibicarakan  oleh Tim Gugus Covid-19  yang  semua unsur ada di  situ  dan  pastinya  akan berdiskusi  dengan legeslatif  untuk dapat mengambil satu konsekuensi  untuk menata kembali  kehidupan normal masyarakat. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Nevile R. Muskitam, bahwa dalam rapat Satgas Covid-19 beberapa waktu lalu  dirinya sudah menyampaikan bahwa  Covid-19 ini  kemungkin saja akan seperti TBC, HIV, Malaria,  DBD   yang  dan sebagainya  yang tidak akan   pernah habis.

    “Kita tidak  tahu. Kalau  tidak habis maka  apakah kita harus hidup seperti ini   terus. Tentu tidak, sehingga  kehidupan   normal  mau tidak mau suka tidak suka  harus mulai dipikirkan   dari sekarang.  Kita harus  mulai  beradaptasi. Karena tidak mungkin kita  harus hidup  seperti ini terus,” tandasnya. (ulo/tri)