La Igaza, SPd, M.Si ( FOTO: Ist for Cepos)

JAYAPURA-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pegunungan Bintang,  La Igaza, S.pd M.Si  mengungkapkan bahwa sesuai petunjuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Surat Edaran Pemerintah Provinsi Papua tentang Aktivitas Belajar Mengajar di  Sekolah, maka pihaknya juga mulai menerapkan new normal dalam proses belajar mengajar di Kabupaten Pengunungan Bintang.

  “Pemerintah Pegubin melalui Dinas Pendidikan sudah mulai memberlakukan New Normal,  yakni guru bekerja di sekolah, namun anak-anak tetap belajar di rumah,” kata  Kepala Dinas Pendidikan La Igaza melalui telepon selulernya, Rabu (10/6) kemarin.

  Ia mengaku sudah menyampaikan informasi ini kepada seluruh jajaran pendidikan melalui Radio SSB maupun wifi, bagi distrik-distrik yang memiliki jaringan internet. Dimana para guru dan staf Dinas Pendidikan ini sudah mulai bekerja di kantor pada 8 Juni lalu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dimana untuk para guru SMP sebelumnya juga telah masuk untuk mengurus dokumen kelulusan siswa-siswi SMP yang pengumuman lulusnya pada 5 Juni lalu. 

  “Yakni dengan tetap menjaga jarak, wajib cuci tangan dan mengunakan masker sesuai prosedur yang berlaku,” terangnya.

  Sampai kapan anak-anak belajar di rumah, La Igaza mengaku masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat maupun daerah. “Kami di Pegubin  menyesuaikan saja dari petunjuk yang disampaikan kepada kami nanti,”tandasnya. 

  Sementara itu, untuk proses belajar  di rumah bagi anak-anak memang dilakukan secara offline. Dimana dilakukan pembimbingan dari rumah ke rumah bagi yang mudah dijangkau. “Untuk mereka yang  sulit dijangkau, kami tetap berikan tugas belajar secara mandiri bersama orang tua di rumahnya,” ujar La Igaza. (oel/tri)