Drs. FX Mote, M.Si. (FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. FX Mote, M.Si., menyebutkan bahwa para nelayan di Papua telah mengikuti aturan penangkapan ikan yang ditetapkan pemerintah. Dalam hal ini perihal alat tangkap hingga penggunaan kendaraan untuk mengambil ikan di laut.

 “Sebetulnya secara aturan diharapkan semua nelayan memahami manfaat laut untuk kita dan saya pikir mereka selama ini memanfaatkan laut untuk mengambil ikan,” terang Drs. FX Mote, M.Si., kepada Cenderawasih Pos, Selasa (26/8) kemarin.

 Namun, kata Mote, selain sektor perikanan, laut memiliki banyak potensi yang mestinya dapat dimanfaatkan. Mulai transportasi, pariwisata, wirausaha, hingga olahraga. Ini yang belum secara maksimal dimanfaatkan.

“Hanya kita di Papua yang belum memaksimalkan laut.  Jadi, kalau bisa laut kita manfaatkan dengan baik, mulai dari pariwisata, transportasi, olahraga, perikanan, bisnis atau investasi seperti pengeboran minyak lepas pantai dan keramba jaring apung, bahkan pasar apung,” pungkasnya. (gr/ary)