Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda. ( foto: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Virus Corona atau covid-19 kini menjadi pandemi global. Virus yang bermula dari Kota Wuhan China itu membuat keresahan seluruh negara di dunia. Bahkan wabah mematikan itu juga kini membuat keresahan bagi masyarakat tanah air.

Bagaimana nasib pesta akbar olahraga tanah air Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Tanah Papua? Ditengah makin meningkatnya wabah covid-19, banyak masyarakat mendesak agar even olahraga empat tahunan tersebut di tunda. 

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan, bahwa jadi atau tidaknya PON yang dijadwalkan pada bulan Oktober hingga November tahun ini tergantung kebijakan Presiden RI Joko Widodo. 

“PON adalah agenda negara, yang kebetulan Papua sebagai tuan rumah dan yang bisa memutuskan PON ditunda atau tidak itu adalah presiden, itu bukan wewenang PB PON,” ungkap Yunus Wonda kepada awak media saat ditemui di Kota Jayapura, Jumat (19/3) siang kemarin. 

Meski belum ada putusan dari orang nomor satu Indonesia itu, kata Yunus Wonda, PB PON tetap aktif melakukan persiapan dan tetap siap melaksanakan PON sesuai jadwal. 

“Sampai saat ini, tugas kami PB PON, kami tetap kerja sesuai dengan jadwal, Terkait nanti sepeti apa, karena ini fenomena alam, dan tidak bisa dihindari, tapi kami sampai hari ini tetap kerja sesuai tugas dan tupoksi kami,” tandasnya. (Eri/gin)