Suasana pleno penetapan kandidat calon kepala daerah yang diusulkan DPW NasDem ke tingkat DPP NasDem di Sunni Garden Sentani, Senin (9/3). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Papua yang juga menjabat Bupati Jayapura 2 periode, Mathius Awoitauw, SE,M.Si mengatakan, dari 11 daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2020 ini, DPW Nasdem Papua menargetkan minimal 8 dari 11 daerah itu harus dipimpin oleh kader partai Nasdem. Hal ini ditegaskan  Mathius Awoitauw, usai melaksanakan rapat pleno penetapan bakal kandidat calon kepala daerah dari 11 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada 2020 ini.

“Target kami minimal delapan dari 11 daerah itu harus dijabat NasDem,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Senin (9/3), kemarin.

Diketahui, dalam rapat pleno itu, DPW NasDem mengusulkan masing masing tiga kandidat bakal calon kepala daerah dari 11 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun ini. Selanjutnya, masing masing utusan dari 11 daerah itu akan mengikuti tahapan selanjutnya di DPP NasDem sampai DPP yang akan  merekomendasikan satu nama terbaik yang diusung.

Mathius mengatakan, nama- nama calon kandidat itu diambil tiga yang terbaik dan tentunya itu juga berdasarkan hasil survei yang melibatkan delapan lembaga survei nasional.

“Pleno ini melibatkan, ketua DPD, sekretaris dan Bapilu dari setiap kabupaten. Artinya NasDem terbuka untuk memaparkan secara terbuka, melibatkan tim pakar. Dari sekian kandidat yang masuk kemudian kita seleksi jadi 3, kita tampilkan dilihat oleh teman-teman dari kabupaten juga,” jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Nasdem Provinsi Papua H. Sulaiman L. Hamzah mengatakan, hasil pleno dari DPW Nasdem Provinsi Papua itu segera dibawa ke DPP Nasdem untuk diplenokan sehingga DPW Nasdem akan mempunyai masing-masing 1 kandidat terbaik untuk diusung pada Pilkada serentak 2020 di 11 daerah di Provinsi Papua.

“Nanti di DPP ada Tim 7 yang terlepas dari peran kami dari  DPW, mereka yang akan membahas nama yang kami usulkan,” paparnya.

Dia menjelaskan, nama-nama yang diusulkan untuk mengikuti seleksi ke tingkat DPP itu juga karena sudah melengkapi persyaratan administrasi yang cukup, dan juga pertimbangan hasil pemaparan materi yang bersangkutan pada saat proses penjaringan awal.

“DPP akan membahas secara khusus untuk siapa yang akan diusung oleh Partai Nasdem,”tambahnya. (roy/tho)