Yustinus Pae ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Persipura Jayapura dipastikan belum bisa memainkan dua stopernya, Ricardo Salampessy dan Arthur Cunha saat menghadapi tuan rumah Persebaya Surabaya dalam lanjutan Shopee Liga 1. Pasalnya  Ricardo masih mengikuti kursus lisensi kepelatihan, sementara Arthur Cunha harus menjalani hukuman sanksi PSSI hasil kartu merah yang ia dapatkan dilaga sebelumnya.

Untung Persipura masih memiliki banyak pilihan di sektor belakang, Persipura masih bisa mengandalkan, Israel Wamiauw, Donny Monim, Bryan Fatari, Yosse Managasi dan Muhammad Tahir.

Angin segar juga menghampiri tim Mutiara Hitam julukan Persipura jelang pertandingan yang akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13/3). Marinus Wanewar dan Fridolin Yoku mulai membaik dan telah kembali mengikuti latihan bersama rekan-rekannya.

 “Sudah mulai ikutan dalam latihan.” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (11/3) siang kemarin.

Namun pelatih asal Brasil itu masih enggan membeberkan apakah kedua pemain itu bisa mendapatkan tempat dalam pertandingan. 

Pelatih berusia 51 tahun itu hanya menjelaskan, bahwa ia sudah memiliki evaluasi hasil minor yang mereka raih saat bersua Borneo FC dilaga sebelumnya. Sehingga saat menghadapi Persebaya Surabaya, timnya harus melupakan kekalahan 2-0 itu dan mengusung misi bangkit untuk bisa kembali meraih poin. 

“Kami juga sudah melakukan beberapa evaluasi (kepada pemain). Semua lini menjadi perhatian kami, karena dilaga sebelumnya kurang berjalan dengan baik. Pemain kami sudah siap tempur. Semua dalam kondisi baik,” ujar mantan pelatih Barito Putera itu.

Kata Jacksen, evaluasi itu sudah dibenahi dalam momen latihan timnya selama berlatih di lapangan Universitas  Surabaya, serta menjadi latihan terakhir sebelum melakoni official training (OT) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, hari ini.

Persiapan Persipura juga cukup matang. Sebab, mereka sudah berlatih di Surabaya sejak Senin (9/3). Tapi Jacksen juga sadar bukan hal mudah meraih tiga angka di Surabaya.

Apalagi, Persebaya juga tengah berupaya meraih kemenangan. Sebab, di laga perdana, mereka hanya bermain imbang 1-1 kontra Persik Kediri (29/3). “Saya rasa apa yang kami lakukan selama latihan sudah cukup ya. Tinggal bagaimana di lapangan nanti,” jelasnya.

Tapi, mantan striker Persebaya Surabaya itu juga berharap evaluasi yang dilakukan bisa berdampak positif di lapangan. Termasuk menanti ketajaman Sylvano Comvalius yang dalam dua pertandingan tak kunjung membuka kran golnya. (eri/nat)