Pelatih kepala Muaythai Papua, Doni Ayorbaba. ( FOTO: Husein For Cepos)

JAYAPURA-Cabang olahraga Muaythai merupakan salah satu Cabor unggulan KONI Papua dalam mendulang medali emas pada PON XX Papua yang akan digelar Oktober nanti.

Bahkan Cabor asal Thailand itu sendiri menegaskan akan membantu mewujudkan target KONI Papua untuk mencapai posisi 5 besar pada event olahraga nasional empat tahunan itu.

Pelatih kepala Muaythai Papua, Dony Ayorbaba menyebutkan, berbekal pengalaman atletnya serta mengetahui peta kekuatan calon lawan, ia optimis Muaythai Papua mampu menorehkan prestasi gemilang di rumah sendiri.

“Sesuai hasil yang kita peroleh selama mengikuti Kejurnas dan Liganas, kami target 3 medali emas,” ungkap Dony kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (3/2).

Dony membeberkan, kelas unggulan mereka yang dinilai memiliki potensi besar untuk memperoleh medali emas, yakni kelas 43 Kg putri, 45 Kg putra dan 57 Kg putra.

“Kami miliki 17 atlet, masih tunggu 1 atlet dari Kopaskas. Tapi ini juga masih tahap seleksi, belum final. Nomor 73 Kg juga belum final, bulan depan baru kita bisa tuntaskan kelas yang kita ikuti,” ujar Dony.

Sekadar diketahui, potensi Muaythai Papua dalam mendulang medali emas di PON XX Papua sudah terlihat dalam turnamen lokal Muaythai se-Jawa Timur yang digelar akhir 2020 lalu. Saat itu hampir seluruh atlet Muaythai Papua menorehkan kemenangan KO.

Saat ini atlet Muaythai Papua terus intens melakukan pemusatan latihan yang difokuskan di Kota Batu, Jawa Timur. Mereka akan melakukan TC di Kota Batu sambil menunggu pandemi Covid-19 meredah agar bisa melakukan serangkain ujicoba jelang pelaksanaan PON XX Papua. (eri/tho)