Drs. FX Mote., M.Si. ( FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Kerja sama yang dibangun antara Pemerintah Provinsi Papua dan University of Rhode Island (URI) dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kelautan dan perikanan merupakan tindaklanjut dari pembahasan dan kesepakatan yang telah dilakukan beberapa kali antara DKP dan URI di Jayapura.

 Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua, Drs. FX Mote., M.Si., bahwa MoU antara URI dan Pemprov Papua bukan hal yang baru, merupakan tindaklanjut dari kesepakatan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Setelah dilakukannya MoU, barulah ditindaklanjuti lagi, di antaranya dengan pergantian SDM antara Pemprov Papua yang sekolah di URI maupun kita butuh tenaga URI di Papua. Kemudian akan dilakukan juga penelitian dan kajian-kajian di Papua di bidang kelautan dan perikanan, serta magang yang dilakukan pegawai Pemprov ke URI dalam peningkatan pengetahuan di bidang kelautan dan perikanan,” ujar Drs. FX Mote., M.Si., kepada Cenderawasih Pos via telepon, Sabtu (18/5) lalu.

 Kerja sama yang dilakukan bersama URI bertujuan agar program-program URI di bidang kelautan dan perikanan diterapkan pula di Papua. Diantaranya peningkatan SDM Papua, dalam hal ini SDM Papua yang merupakan ASN Pemprov maupun yang bukan ASN Pemprov namun dengan harapan bisa kembali menerapkan ilmu yang didapat di Papua dalam bidang perikanan dan kelautan.

“Bukan hanya itu, URI juga akan menyiapkan SDM dari mereka untuk mendukung program pemerintah provinsi dalam rangka melakukan penelitian dan pengkajian yang berkaitan di bidang kelautan dan perikanan. Tak ayal, kami apresiasi MoU yang telah dilakukan URI dan Pemprov Papua,” tambahnya. (gr/ary)