SOLID: Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., didampingi Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM. melakukan dialog interaktif di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (29/5) kemarin. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

Dari 3 Tahun Kepemimpinan BTM-HARUS

 JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM (BTM) dan Wakilnya H.Ir.Rustan Saru,MM.,(HARUS) kini genap 3 tahun memimpin Kota Jayapura pada tanggal 22 Mei 2020. Dan hari Jumat (29/5)kemarin, telah dilakukan dialog interaktif BTM-HARUS dihadiri Ketua LMA Port Numbay George Awi, Ketua FKUB Kota Jayapura Pdt. Willem Itaar, Ketua MUI Kota Jayapura KH Zulham Ma’Mun, Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura John Y. Betaubun, SH.,MH,.Ketua Klasis GKI Port Numbay, Ketua PGGS Kota Jayapura, jajaran OPD di lingkungan Pemkot dan pejabat lainnya.

  Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM.,menyampaikan pidato terkait raihan prestasi keberhasilan selama ia memimpin diantaranya tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Jayapura tahun 2019 yang meningkat menjadi 80,16. atau naik 0,58 point dari capaian tahun 2018 sebesar 79,58, diatas rata-rata IPM Provinsi Papua yaitu 60,84 dan  di atas rata-rata IPM nasional yaitu 71,92. kenaikan indeks pembangunan manusia Kota Jayapura tersebut sejalan dengan kenaikan angka harapan hidup, kualitas pendidikan dan daya beli masyarakat. 

 Capain bidang pendidikan, capaian bidang capaian bidang kesehatan, capaian bidang kesehatan, pembangunan bidang insfrastruktur, bidang pemerintahan umum, pemberdayaan pemerintah dan masyarakat di 14 kampung, keamanan dan ketertiban Kota Jayapura dan lainnya.

 Sedangkan bicara kendala tentu masih ada, Kata Wali Kota  Jayapura Tomi Mano, kendala yang masih dihadapi yakni, masih dibutuhkannya partisipasi dan rasa memiliki dari warga Kota Jayapura, apa yang sudah dibangun pemerintah tentunya harus dijaga dan dirawat dengan baik dan bisa mendukung program pemerintah, sehingga adanya kendala ini masyarakat diminta bisa ada rasa memiliki dan mau berpartisipasi.

 Hal lainnya, harus ada rasa kesadaran diri dan disiplin dalam membangun Kota Jayapura, karena negara-negara maju saat ini hal yang paling mendasar yang harus dibangun kepada masyarakatnya adalah kedisiplinan dan kesadaran diri serta mampu mengubah pola pikir, kompetensi dan wawasan untuk hidup lebih baik lagi.

  Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H.Rustan Saru, MM., mengaku, di sisa waktu kepemimpinanya sampai 2022 ia tetap akan fokus dengan program dan kegiatan yang dituangkan dalam visi misi dengan baik.

  Untuk itu, ia meminta dukungan dan doa kepada seluruh warga Kota Jayapura dalam melaksanakan visi misi tersebut. Sebagai pemegang amanat rakyat yang telah memilihnya secara langsung sebagai wali kota dan wakil wali kota untuk periode 2017-2022, maka menjadi kewajiban  dan tanggung jawab moral dan politik bagi BTM Harus untuk menyampaikan hasil pembangunan dalam satu tahun masa kepemimpinan selama tahun 2019, dengan tujuan agar rakyat Kota Jayapura dapat mengetahui capaian pembangunan yang telah diraih dan dapat pula mengoreksi segala kekurangannya serta menyampaikan masukan dan kritik yang konstruktif, untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembangunan Kota Jayapura dalam dua tahun sisa masa kepemimpinan kami sampai dengan tanggal 22 Mei 2022 yang akan datang.(dil/wen)