JAYAPURA-Skuad Persipura Jayapura mulai memikirkan jadwal latihan bersama, pekan depan, punggawa Persipura dijadwalkan bertolak ke Kota Malang guna melakukan pemusatan latihan.

Asisten Manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun mengatakan, bahwa Ketua Umum, Benhur Tomi Mano serta manajer tim Rudy Maswi telah memberikan lampu hijau bagi Boaz Solossa untuk kembali menjalani latihan bersama.

Wing kiri Persipura Jayapura, Kevien Rumakiek saat dikawal ketat salah satu pemain PSIS Semarang dalam laga perdana Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat Manado, 1 Maret 2020. ( FOTO: Erik/Cepos)epos

“Atas petunjuk ketua umum (BTM) dan manajer (Rudy Maswi), semalam saya sudah komunikasi dengan coach Jacksen, dan coach (Jaksen) ampaikan tim pelatih sudah siap dan tinggal menunggu waktu untuk memulai latihan,” ungkap Bento sapaan akrabnya kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (9/8) siang kemarin.

“Jadi paling tidak minggu depan tim sudah bisa menuju ke Malang,” sambung mantan wartawan olahraga itu.

Menurut Bento, pekan ini mereka akan disibukkan soal urusan menyangkut keberangkatan tim ke Kota Apel itu. Apalagi Persipura sendiri juga memilih Malang sebagai markas mereka selama mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

“Jadi untuk saat ini kita akan rampungkan kesiapan kita, dan paling penting melihat jadwal penerbangan dan mengurus traveling seluruh pemain, pelatih dan ofisial ke Malang,” tandasnya.

Bento menyebutkan PSSI telah memberikan lampu hijau kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk melanjutkan Liga 1 dan Liga pada awal Oktober 2020 mendatang.

Melalui SK PSSI, dengan situasi kasus virus Corona yang belum mereda, kompetisi pun menggunakan sistem home turnamen yang difokuskan di Pulau Jawa.

PT. LIB pun telah memiliki beberapa kebijakan bagi klub-klub luar Papua yang akan bermarkas di Pulau Jawa, termasuk soal akomodasi.

“Dari meeting tadi juga klub mendengar penyampaian LIB terkait dukungan atas 30 kamar hotel dan breakfast selama kompetisi bagi klub luar Jawa yang home base di Jawa, dukungan transportasi (2 bus) bagi klub yang menjalani laga away,” jelasnya usai mengikuti rapat Koordinasi dengan PT LIB bersama 18 kontestan Liga 1, Sabtu (9/8).

Tak hanya soal akomodasi, PT. LIB juga memberikan jaminan biaya swab test bagi setiap klub bila kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi Covid-19. “Termasuk pembiayaan swab test yang akan menjadi beban LIB,” ujar Bento.

Dengan adanya secercah harapan dari PT LIB, manajemen Persipura serta kontestan Liga 1 optimis kompetisi dapat berjalan dengan baik.

“Kita berharap dengan perencanaan ini, lanjutan kompetisi kita bisa berjalan baik, aman, dan lancar hingga akhir nanti,” ucap Bento.

Bento juga membeberkan bahwa manajemen Persipura akan melakukan komunikasi dengan sang juru taktik Jacksen F. Tiago mengenai penetapan waktu latihan dan persiapan tim. (eri/nat)