Puncak acara peringatan HUT kampung Hebeibhulu Yoka ke 65 dengan menari bersama di pelataran rumah Ondofolo Yoka Klejomo Sabtu, (2/1) lalu. ( FOTO: Noel/Cepos)

Mengikuti Puncak Peringatan HUT Kampung Yoka ke 65 

Kampung Yoka genap berusia 65 tahun. Puncak peringatan HUT Kampung Hebeibhulu Yoka itu diperingati oleh warga kampung Yoka, apa yang menjadi harapan tetua adat Yoka? 

Laporan: Noel wenda

Masyarakat bersuka cita dalam memperingati puncak acara HUT Kampung Hebeibhulu Yoka ke 65 Tahun Sabtu (2/1) lalu.   Acara sukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpang oleh ondoafi Yoka Titus M.M Mebri didampingi 6 koshelo kepala suku menyerahkan potongan nasi tumpang kepada keluarga para leluhur Kampung Yoka di pelataran rumah Ondofolo Yoka Klejomo berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan.

 Kepala Kampung Yoka Antonius Mebri mengatakan, Kampung Yoka diapit dengan dua sumber daya alam yang subur baik tanah kita maupun danau yang bisa mencukupi kebutuhan masyarakat kampung

 “Nenek Moyang kami datang dan mereka langsung bangun gereja dulu dan ini luar biasa supaya generasi selanjutnya diberkati dan dengan nama Tuhan kampung ini,” katanya. 

 Ia meminta di 2021 harus belajar menjadi baru lewat kelahiran Tuhan Yesus, dan masuk tahun baru kita harus buang kebiasaan lama dan  harus buat terobosan baru di semua hal di kampung ini dan sesuai dengan HUT Kampung Yoka ia berbangga dengan panitia yang kompak dalam kegiatan sampai selesai.

Ketua Panitia Lomba Yoka Cup Ke 5 Ruce H Olua kepada Cenderawasih Pos mengatakan kegiatan yang sudah berjalan selama 5 Tahun ini dalam rangka memeriahkan penyambutan Ulang Tahun Kampung Yoka.

Ruce mengatakan sebagai anak muda yang diberikan kepercayaan langsung oleh kepala kampung dia mengaku bersyukur dan berharap ada juga anak muda lainnya kedepannya bisa diberikan kepercayaan agar mereka dapat mengisi masa mudanya dengan hal yang positif.

Kepala Pemerintaan Kampung, (KPK) Yoka Antonius Mebri mengatakan sebagai kegiatan tahunan ini bertujuan mengajak pemuda di kampung tersebut untuk melakukan kegiatan positif. 

Ondoafi Kampung Yoka Titus M Mebri  mengatakan dalam HUT Kampung Yoka ke 65 ia melibatkan masyarakat kampung. Maka dengan HUT Kampung ini dari 6  Kepala suku  bersama masyarakat menghormati leluhur pihaknya melakukan penaburan bunga di makam.

 “Di tahun 2021 ini kami harapkan masyarakat bersatu dan tetap giat bekerja serta harapan kami masyarakat selalu sehat dan diberkati Tuhan, selain itu kami lihat di masa kepemimpinan kepala kampung saat ini banyak perubahan yang di alami dan acara HUT ini selalu kami gelar setiap tahun,” katanya. (*/wen)