Striker Persipura Marinus Wanewar saat menjalani TC di Batu Malang, pekan lalu. ( FOTO: Persipura for Cepos)

JAYAPURA – Bergabungnya dua leguin asing Persipura Jayapura, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha Da Rocha di Kota Batu Malang membuat kuota skuat pemain Persipura Jayapura musim ini kini rampung dengan memiliki 30 pemain.

Meski begitu, sang pelatih kepala Jacksen F. Tiago mengatakan bahwa jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 tahun ini, tidak dipungkiri masih terjadi pergeseran dalam skuat pemain tim berjuluk Mutiara Hitam itu. 

Pelatih asal Brasil itu mengaku akan melihat kemampuan pemainya selama TC dan ujicoba.

“Hingga saat ini sudah ada 30 pemain dan saya rasa sudah cukup, namun jika ada yang muncul ditengah jalan yang selevel dengan pemain kita, mungkin kita berikan masukan ke manajemen. Karena kemarin kita punya 3 pemain hasil seleksi, sehingga bisa saja berstatus magang dan pemain yang berkualitas masuk dalam skuat kita. Tapi bagi saya materi yang ada saat ini sudah sangat cukup,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos, Minggu (2/2).

Jacksen menuturkan, Comvalius baru ikut latihan bersama rekan-rekannya Senin (3/2) hari ini. Bergabungnya Comvalius dan Arthur Cunha membuat timnya kini lengkap dalam latihan.

“Hari Senin semua pemain gabung bersama kita. Hanya Theo Numberi yang baru akan bergabung pada tanggal 5. Selain Theo semua pemain saat ini berada bersama kita tanpa terkecuali,” ujarnya.

Saat ini anak-anak Mutiara Hitam menjalani TC telah memasuki pekan kedua. Untuk itu, Jacksen tak hanya fokus dalam pemulihan fisik pemainnya namun juga beberapa aspek dalam sepakbola akan ditingkatkan dalam minggu kedua.

“Kita baru latihan lima hari, karena dua hari persiapan kita tidak sesuai program yang kita buat karena hujan, kita baru berikan dasar dari aspek fisik. Di minggu kedua kita fokuskan pada aspek taktik, kualitas teknik mereka, passing dan pressure. Konsep bermain kita, masih banyak sekali yang kita siapkan kedepan,” jelasnya

Meski baru menjalani latihan selama 5 hari, Jacksen merasa puas dengan penampilan pemainnya dalam laga ujicoba saat membenamkan tim amatir Putra Jaya dengan skor 7-0.

“Hari Rabu kita main dengan tim amatir lagi. Karena tekanan fisik yang saya berikan kepada pemain di minggu pertama itu sangat tinggi sekali, dan melihat penampilan pemain dalam laga ujicoba saya rasa sangat cukup sekali,” pungkasnya. (eri/nat)