Murdo Danang Laksono  ( FOTO: Sulo/Cepos )

MERAUKE- Merebaknya   virus Corona  ternyata    belum berpengaruh bagi warga   Selatan Papua  yang akan bepergian  keluar   negeri.  Menurut Kepala Kantor  Imigrasi Klas II Merauke Murdo Danang  Laksono penerbitan   paspor   di Kantor  Imigrasi Kelas II Merauke, tidak secara sinifikan terpengaruh    fenomena   tentang penyebaran virus  Corona. 

  ‘Artinya, seperti  biasa  kita  melayani masyarakat Merauke   dan kabupaten  lainnya di Selatan Papua  dalam pemberian  paspor warga negara Indonesia,’’ kata  Danang  saat ditemui wartawan di Merauke, Selasa (11/2).  

   Menurut Danang Laksono, semua yang mengajukan  permohonan  penerbitan  paspor masih dilayani.  Selama ini juga belum ada pembatasan  penerbitan  paspor. Ini  karena  kebanyakan yang mengajukan  perpohonan  paspor tersebut  untuk ibadah kerohanian  yakni  untuk umroh, haji dan ke Yerusalem. 

  “Kebanyakan yang ngurus   paspor  itu  untuk kepentingan ibadah kerohanian,’’ jelasnya. Sedangkan   yang mengurus  paspor  untuk berangkat  ke negara sumber  virus Corona, jelas  Murdo Danang  Laksono, dari wawancara   yang dilakukan  pihaknya  selama ini belum ada   yang akan berangkat ke negara panda  tersebut. 

   ‘’Hampir   tidak ada  yang terekam  yang  mengurus paspor  dari sini akan  berangkat ke  China, tapi yang   mengurus  itu kebanyakan   karena kepentingan  ibadah  kerohanian,’’   jelasnya.    

   Meski  begitu, ditambahkan  bahwa memang  sudah ada kebijakan  dari Kementerian  Hukum  dan HAM  terkait virus  Corona ini  dimana   adanya pembatasan  visa bagi  warga  negara China   yang khusus masuk ke Indonesia.   (ulo/tri)