dr. Neville R. Muskita ( FOTO:Sulo/Cepos)

MERAUKE – Pada penyaluran tahap pertama termin kedua, Kabupaten Merauke akhirnya mendapatkan kuota 2.200 vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Vaksin Corona tersebut diterima oleh Pemerintah Kbaupaten Merauke melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Kamis (28/1). ‘’Rencananya hari ini Vaksin Covid tiba dari Jayapura dan akan kita terima. Jumlahnya 2.200 vaksin,’’ kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Neville R. Muskita, kepada wartawan, kemarin.

Menurut Neville, setelah vaksin tersebut diterima selanjutnya dibawa ke tempat penyimpanan obat yang ada di Mopah Lama di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. Neville menjelaskan bahwa vaksin yang diterima ini diperuntukan khusus untuk tenaga kesehatan (Nakes). Jumlah yang sudha tercatat sampai sekarang adalah 1.059 Nakes. Namun jumlah ini kemungkinan masih bertambah. Karena belum semua Nakes telah terdaftar. ‘’Tapi, kemungkinan tidak semua Nakes yang telah terdaftar tersebut memenuhi syarat untuk divaksin. Karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa mendapatkan vaksin. Kalau tidak salah ada 15 item itu, seperti tidak sedang hamil, menyusui, darah tinggi, gula darah dan sebagainya,’’ jelasnya.

Neville menjelaskan untuk vaksinasi tersebut sementara ini masih dalam persiapan. Sebab, petugas vaksinator yang akan melakukan vaksinasi sementara menjalani pelatihan dan pembekalan. Ada 150 tenaga kesehatan yang disiapkan untuk menjadi vaksinator. ‘’Tenaga-tenaga yang akan menyuntik itu sementara dalam proses pelatihan. Setelah tenaga vaksinatornya dilatih baru kita persiapkan untul launching vaksinasi di Kabupaten Merauke,’’ terangnya. Neville juga menjelaskan bahwa sebanyak 30 fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk vaksinasi tersebut. Tidak hanya rumah sakit tapi juga puskesmas-puskesmas sampai ke kampung- kampung. (ulo)