dr. Nevile R. Muskita

MERAUKE-Pasien positif  Corona  yang dirawat di  RSUD Merauke  kembali bertambah.   Terhitung  Selasa (18/7)  kemarin, jumlah   pasien Covid-19 yang dirawat  di RSUD  Merauke  menjadi  6 orang setelah  adanya  tambahan  3 orang  positif. 

  “Hari ini, kita ada   tambahan 3 pasien  positif  Covid,” kata   juru  bicara Covid-19  Kabupaten Merauke  dr. Nevile R. Muskita   ketika dihubungi media ini,   Selasa (28/7). 

   Nevile menjelaskan, tambahan 3 pasien  positif  tersebut adalah 2 pelaku  perjalanan dari  Jayapura dan 1 pelaku  perjalanan dari  Makassar. Untuk  Jayapura, seorang laki-laki dan seorang perempuan. Sedangkan untuk Makassar adalah seorang   laki-laki. 

  “Untuk  Jayapura tiba dengan pesawat  pada   tanggal 19 Juli. Sedangkan satunya  sementara dilakukan pengecekan. Begitu juga yang tiba dari Makassar sementara  dilakukan  pengecekan    pesawatnya tanggal  berapa  untuk dilakukan tracing,’’ jelasnya.   

   Menurut  Nevile R. Muskita bahwa dengan dibukanya penerbangan menuju new normal, maka sudah dipastikan   kasus  Covid di Merauke akan  terus bertambah.  “Itu  resiko dari dibukanya penerbangan dan tidak mungkin  akan ditutup lagi,” katanya.     

  Yang harus dilakukan sekarang oleh masyarakat  adalah bagaimana memproteksi  diri  baik seorang perorangan maupun dengan  keluarga  dengan  menerapkan  protokol kesehatan    yakni menggunakan  masker saat keluar rumah, jaga jarak dan sering cuci tangan.  

   Jika   setiap warga  sudah  secara  ketat  menerapkan  protokol kesehatan, maka diharapkan  akan terhindar dari   penularan Covid-19.  “Sekali  lagi  yang  harus  kita lakukan adalah   bagaimana  memproteksi  dari penyebaran Covid-19  dengan  menerapkan  protokol kesehatan,’’ tandasnya. 

   Dengan bertambahnya 3 kasus positif tersebut, maka jumlah  Covid-19 di Kabupaten Merauke secara kumulatif  adalah 24  kasus. Dari  24 kasus  itu,  18  diantaranya sudah dinyatakan sembuh  dan 6 menjalani perawatan. (ulo/tri)