dr. Silwanus Sumule, SPp.OG(K)., ( FOTO: Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA-  Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menekankan sikap pro aktif dari masyarakat untuk mengunjungi rumah sakit atau Puskesmas ketika menyadari telah memiliki kontak atau merasakan ada keluhan dengan gejala Covid 19.

“Ketika menyadari ada kontak atau merasakan ada keluhan, maka segera berkomunikasi dengan petugas kesehatan di layanan kesehatan, sehingga dapat dipastikan dan diberikan perawatan,” ungkap dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., Senin (15/12) lalu.

Hal inipula yang sebelumnya ditegaskan Ketua Harian Satgas Covid 19 Provinsi Papua, Welliam Manderi, dalam imbauannya bagi masyarakat untuk segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit ketika memiliki gejala Covid 19.

“Kasus meninggal dunia yang terjadi kebanyakan pasien sudah dalam kondisi sakit berat baru datang ke rumah sakit maupun uskesmas. Oleh sebab itu, ini imbauan kami dari Tim Satgas Covid-19, baik provinsi maupun kabupaten/kota, di mana masyarakat kalau sudah merasa sakit, kalau merasa ada gejala, silahkan laporkan ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” ungkap Welliam Manderi

Dengan demikian, sambung Manderi, dapat diambil langkah-langkah penanganan.

“Artinya, jangan sampai sudah sakit berat baru datang berobat. Karena kalau sudah berat, sangat repot, apalagi kalau sudah hari ke-7 hingga hari ke-14. Makanya, semua masyarakat harus sadar diri, kalau merasa ada gejala, segera lapor,” pungkasnya. (gr/ary)