JAYAPURA-Liga 1 2021/2022 pekan ketiga mempertemukan dua klub ujung Indonesia, Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura. 

Persipura mewakili ujung timur Indonesia dan Persiraja mewakili ujung barat Indonesia. Pertandingan ini akan tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/9) pukul 17.15 WIT.

Pertandingan ini akan menjadi pertemuan pertama Persipura dan Persiraja di pentas sepak bola tertinggi tanah air. Kedua tim tentu sama-sama memburu poin untuk memperbaiki peringkat pada pekan keempat.

Persipura yang belum meraih kemenangan tentu berambisi untuk menjadikan Persiraja sebagai tumbal. Persipura hingga kini baru mengantongi satu poin berkat hasil imbang kontra Persija di pekan ketiga. 

Hasil tersebut membuat tim kebanggaan masyarakat Papua itu masih bertengger di zona degradasi.

Persipura juga tidak boleh menganggap remeh Persiraja sebagai tim promosi. Pasalnya, perjalanan Persiraja di awal musim lebih baik dari pasukan Mutiara Hitam. 

Dari tiga pertandingan, Persiraja sudah mencicipi sekali kemenangan atas PSS Sleman. Tentu catatan tersebut menjadi warning bagi Persipura dalam laga ini.

Tapi Jacksen tetap optimis bahwa mereka bisa bangkit dalam laga ini dan meraih kemenangan untuk pertama kalinya. “Semoga kita bisa mendapatkan kemenangan pertama kita di Liga 1 nanti,” ungkap Jacksen dalam zoom meeting, Kamis (23/9).

Sayangnya, Jacksen dalam laga ini kemungkinan belum bisa menurunkan tiga pemain asingnya yang masih dalam pemulihan cedera. Tapi hal tersebut menurut Jacksen bukan masalah besar bagi dirinya, mengingat Jacksen mampu mengatasi permasalahan tersebut saat menahan imbang 0-0 Persija.

“Pemain asing masih dalam proses penyembuhan dan kita tetap akan turunkan pemain kita seperti di laga kemarin. Pemain asing belum bisa bermain dan kita masih cinta produk lokal,” ujar Jacksen.

Legenda hidup PSM Makassar dan Persebaya Surabaya itu juga mengaku sudah mengantongi beberapa kekuatan calon lawannya itu. Termasuk mengantisipasi penyerang asing Persiraja, Paulo Henrique Santos de Azevedo.

“Persiraja punya Paulo Henrique dan ada pemain lainnya yang bagus serta beberapa pemain yang bisa menjadi ancaman. Kita tidak fokus di satu pemain saja, tapi arahkan fokus ke sistem penyerangan dan pertahanan mereka yang bisa dimanfaatkan,” ujar Jacksen. 

“Saya juga lihat mereka cukup terorganisir dan disiplin cukup tinggi dan saya rasa tim Persiraja cukup terorganisir. Justru pertandingan besok lebih sulit lawan Persiraja, karena banyak orang lihat kita lawan Persija berharap kita main yang sama,” ucap Jacksen.

Jacksen juga berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat. Apalagi menurut Jacksen, dirinya begitu akrab dengan Bandung.

“Menyenangkan sekali bisa bermain di tanah Sunda di Bandung dan pertama kali saya menimba ilmu dari kecil di Bandung jadi ada motivasi lebih kalau main di Bandung,” pungkas Jacksen.

Sementara itu, kiper Persipura yang akan diandalkan dalam laga ini, Fitrul Dwi Rustapa mengatakan bahwa mereka sudah sangat siap melakoni pertandingan hari ini untuk meraih kemenangan pertama.

“Kalau kami semua sudah persiapan dengan baik. Persiapan dan perencanaan telah dilakukan dengan baik sejak dari latihan dan kekompakan juga terbangun dengan baik. Mudah-mudahan bisa sesuai dengan perencanaan dan sukses meraih kemenangan yang pertama ini,” pungkasnya. (eri/nat)